Jumat 13 May 2022 20:05 WIB

Tim Tenis Putra Singkirkan Vietnam untuk Melaju ke Semifinal SEA Games

Tim tenis putra Indonesia menang 2-1 atas Vietnam.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Petenis Indonesia Christopher Rungkat.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Petenis Indonesia Christopher Rungkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim putra Indonesia membuat kejutan dengan menyingkirkan tuan rumah Vietnam pada babak pertama tenis beregu putra SEA Games ke-31 di Stadion Tenis Hanaka, Bac Ninh, Vietnam, Jumat (13/5/2022). Skuad Merah Putih menang atas unggulan kedua dengan skor 2-1.

Tunggal kedua yang tampil di laga pembuka Christopher Rungkat menyumbangkan kemenangan pertama bagi Indonesia. Christo unggul atas Trinh Linh Giang melalui laga rubber set 6-1, 3-6, dan 6-2.

Baca Juga

Vietnam menyamakan kedudukan setelah single terbaik Asia Tenggara, Nam Hoang Ly terlalu kuat bagi debutan Rifky Sukma Ramadhan dengan kemenangan 6-2 dan 6-0.

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh ganda Christopher/Muhammad Rifqi Fitriadi yang mengempaskan duet andalan tuan rumah, Nam Hoang Ly/Nguyen Van Phong 5-7, 6-1 , dan 6-4.

"Hasil drawing memang tidak menguntungkan kita karena langsung bertemu unggulan kedua karena kita juga tak punya peringkat dan harus fight sampai akhir. Namun, Christo bisa ambil kemenangan di laga pertama," ujar kapten tim Febi Widhiyanto dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id.

"Ketika lawan menyamakan kedudukan di single kedua, kami tetap berusaha dan diberi kemenangan. Semoga besok Indonesia bisa melanjutkan langkah sukses ini," ujar dia.

Dengan kemenangan ini, Indonesia melaju ke semifinal tenis beregu putra di SEA Games edisi ke-31 ini. Pada babak empat besar, Sabtu (14/5), Christopher Rungkat dkk akan meladeni Malaysia. Malaysia ke empat besar usai  menang atas Kamboja 2-1.

"Kami optimistis bisa mengatasi Malaysia dan melaju ke babak akhir," kata Feby.

Sementara tim putri Indonesia bakal meladeni tuan rumah, Vietnam di semifinal beregu putri. Aldila Sutjiadi dkk yang menempati unggulan kedua, mendapat bye di babak pertama. Sedangkan tuan rumah menyingkirkan Laos 3-0.

"Pasti atmosfer laga empat besok berbeda karena bertemu dengan tuan rumah. Meski begitu kami tetap optimistis di tunggal dan ganda. Bulan lalu saat tour di Amerika, saya sempat kalah, dan saya akan memperbaikinya di sini," kata Aldila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement