Sabtu 14 May 2022 05:10 WIB

Dana Ekuitas Global Alami Arus Keluar Masif, Khawatir Perlambatan

Dana ekuitas AS mencatatkan penjualan bersih senilai 8,46 miliar dolar AS.

Red: Nidia Zuraya
Pergerakan di pasar modal (ilustrasi)
Foto: Zawya.com
Pergerakan di pasar modal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dana-dana ekuitas global menyaksikan lonjakan arus keluar dalam pekan yang berakhir 11 Mei. Lonjakan arus keluar ini dipicu kekhawatiran perlambatan ekonomi dan pengetatan lebih lanjut oleh bank-bank sentral utama untuk menjinakkan inflasi yang membandel membuat investor ketakutan.

Dalam lima minggu berturut-turut dari penjualan bersih, investor melikuidasi dana ekuitas global senilai 10,53 miliar dolar AS, dibandingkan dengan penjualan bersih senilai 1,65 miliar dolar AS pada minggu sebelumnya, menurut Refinitiv Lipper.

Baca Juga

Indeks MSCI dari saham dunia jatuh ke level terendah 1,5 tahun di 607,4 poin minggu ini karena tekanan inflasi meningkatkan kekhawatiran akan hard landing ekonomi. Dana ekuitas AS mencatatkan penjualan bersih senilai 8,46 miliar dolar AS, dana Eropa melihat pelepasan sebesar 4,33 miliar dolar AS, tetapi investor adalah pembeli bersih dana Asia senilai 2,23 miliar dolar AS.

Di antara dana-dana sektor, keuangan mencatat arus keluar minggu keenam berikutnya, sebesar 1,71 miliar dolar AS. Investor juga menarik sekitar 0,7 miliar dolar AS masing-masing dari pertambangan dan industri.

Sementara itu dana obligasi global membukukan arus keluar sebesar 13,23 miliar dolar AS dalam enam minggu berturut-turut dari penjualan bersih.Dana obligasi jangka pendek dan menengah global melihat arus keluar sebesar 8,14 miliar dolar AS dalam arus keluar mingguan terbesar setidaknya sejak Juni 2020, tetapi dana obligasi pemerintah memikat arus masuk mingguan ketiga, senilai bersih 3,38 miliar dolar AS.

Investor juga menarik 1,73 miliar dolar AS dari dana pasar uang dalam penjualan bersih mingguan kedua berturut-turut.Data dana komoditas menunjukkan bahwa penjualan bersih mingguan dana emas dan logam mulia melonjak ke puncak dua bulan di 1,54 miliar dolar AS, karena harga emas menembus di bawah pergerakan rata-rata 200-hari mereka.

Analisis terhadap 24.155 dana pasar berkembang menunjukkan bahwa investor menjual dana ekuitas sebesar 2,49 miliar dolar AS dan dana obligasi sebesar 2,65 miliar dolar AS, menandai arus keluar minggu kelima berturut-turut di kedua segmen tersebut.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِصَاصُ فِى الْقَتْلٰىۗ اَلْحُرُّ بِالْحُرِّ وَالْعَبْدُ بِالْعَبْدِ وَالْاُنْثٰى بِالْاُنْثٰىۗ فَمَنْ عُفِيَ لَهٗ مِنْ اَخِيْهِ شَيْءٌ فَاتِّبَاعٌ ۢبِالْمَعْرُوْفِ وَاَدَاۤءٌ اِلَيْهِ بِاِحْسَانٍ ۗ ذٰلِكَ تَخْفِيْفٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَرَحْمَةٌ ۗفَمَنِ اعْتَدٰى بَعْدَ ذٰلِكَ فَلَهٗ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu (melaksanakan) qisas berkenaan dengan orang yang dibunuh. Orang merdeka dengan orang merdeka, hamba sahaya dengan hamba sahaya, perempuan dengan perempuan. Tetapi barangsiapa memperoleh maaf dari saudaranya, hendaklah dia mengikutinya dengan baik, dan membayar diat (tebusan) kepadanya dengan baik (pula). Yang demikian itu adalah keringanan dan rahmat dari Tuhanmu. Barangsiapa melampaui batas setelah itu, maka ia akan mendapat azab yang sangat pedih.

(QS. Al-Baqarah ayat 178)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement