Sabtu 14 May 2022 09:59 WIB

Tak Punya Gelar Sarjana? Begini Caranya Dapatkan Pekerjaan Bagus

Bukan berarti tanpa gelar pendidikan yang tinggi tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus. Lakukan ini agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Pekerjaan Bagus
Pekerjaan Bagus

Meski di banyak lowongan pekerjaan mensyaratkan pendidikan minimal sarjana, jangan minder dulu. Kamu masih bisa mendapatkan pekerjaan bagus sesuai yang diinginkan, lho.

Faktanya, tak sedikit manajer perekrutan yang menyebutkan jika mencantumkan persyaratan pendidikan dianggap jauh lebih mudah dan simpel. Ketimbang harus menggali keterampilan apa yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

Jika kamu merasa memiliki kemampuan dan juga pengalaman yang posisi tersebut butuhkan, maka tak ada salahnya untuk apply. Beberapa perusahaan terkadang tidak terlalu memusingkan soal gelar sarjana, lho. 

 

Langkah Jitu Dapatkan Pekerjaan Bagus Tanpa Harus Gelar Sarjana

Ketika mencari kerja, lulusan dengan gelar sarjana memang memiliki privileges yang tak didapatkan mereka yang hanya lulusan SMA saja. Namun, bukan berarti tanpa gelar pendidikan yang tinggi kamu tak bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus. Untuk itu, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan agar pekerjaan impian bisa didapatkan. 

1. Baca Deskripsi Pekerjaan 

membaca deskripsi pekerjaan

Sebelum melamar untuk posisi pekerjaan tersebut, lebih dulu perhatikan dengan seksama deskripsi pekerjaannya. Lalu tanyakan pada sendiri, apakah kamu melakukan pekerjaan tersebut? Jika memang yakin bahwa kamu memiliki kualifikasi yang dibutuhkan pekerjaan itu, dan hanya gelar pendidikan saja yang kendalanya, maka lakukanlah.

Tetapi, jika selain gelar pendidikan, kamu pun tak memiliki skill dan pengalaman yang dibutuhkan, maka tidak perlu repot-repot melamar. Tak ada gunanya buang-buang waktu untuk melamar kerja yang sama sekali tidak tepat buat kamu. Sebaiknya, tingkatkan dulu skill dan kualifikasi agar punya nilai lebih meski tanpa gelar sarjana.

2. Ikut Kursus dan Pelatihan

Meskipun tak punya kesempatan mendapatkan gelar pendidikan yang tinggi secara akademis, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meng-upgrade kualifikasi. Misalnya dengan mengikuti kursus atau pelatihan kerja sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki untuk kemudian bisa dicantumkan dalam resume.

Selain mengikuti kursus atau pelatihan kerja, kamu pun juga bisa mengikuti program sertifikasi terkait pekerjaan yang diinginkan. Sertifikat yang diperoleh juga bisa dimasukkan untuk melengkapi CV atau resume. Ada banyak program sertifikasi yang bisa diambil dengan jadwal yang cukup fleksibel, bahkan beberapa bisa dilakukan secara online.

Baca Juga: Cara Menentukan Karier yang Sesuai untuk Fresh Graduate

3. Jujur dengan Background Pendidikan yang Dimiliki

latar belakang pendidikan

Apapun alasannya, jangan pernah berpikir untuk berbohong saat melamar pekerjaan, terutama soal latar belakang pendidikan. Jika memang hanya lulusan dari sekolah menengah, jangan menutupinya dengan berpura-pura sebagai lulusan universitas kenamaan. 

Perlu diketahui bahwa perusahaan tentu tidak akan sembarangan menerima kandidat untuk posisi yang penting. Mereka akan melakukan cross check terkait latar belakang pendidikan selama proses rekrutmen. Ketika kamu kedapatan berbohong, bisa-bisa perusahaan akan membatalkan tawaran kerja, bahkan melakukan pemutusan hubungan kerja secara sepihak.

4. Hubungkan Skill yang Dimiliki dengan Pekerjaan

Meski tidak memenuhi syarat dalam hal pendidikan, tapi tunjukkan bahwa kamu sangat sesuai dengan pekerjaan tersebut. Langkah terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengaitkan antara skill dan pengalaman yang dimiliki dengan job desc alias tugas kerja posisi tersebut.

Sebutkan pengalaman dan skill apa saja yang memang dikuasai. Lalu jadikan itu sebagai senjata dan kekuatan untuk menunjukkan bahwa kamu seseorang yang berkompeten. 

5. Memperluaskan Jaringan

memperluas jaringan

Networking atau jaringan merupakan cara terbaik agar bisa mendapatkan wawancara ketika melamar pekerjaan, sementara kamu tak memiliki gelar pendidikan yang disyaratkan. Ketika melamar pekerjaan tersebut, hubungi kenalan yang sudah lebih dulu bekerja di perusahaan tersebut.

Beritahu mereka bahwa saat ini kamu akan melamar pekerjaan untuk posisi yang terbuka. Lalu tanyakan apakah mereka berkenan memberikan rekomendasi, atau memberitahukan tentang kamu ke manajer perekrutan. Jangan lupa untuk menyebutkan bahwa orang tersebut yang merekomendasikan untuk melamar pekerjaan di posisi tersebut. 

6. Tetap Berpikir Positif

Sebaiknya jangan terlalu fokus dengan gelar sarjana yang tidak dimiliki ketika menulis surat lamaran. Hindari kalimat semacam, “Saya memang tidak menyandang gelar sarjana, akan tetapi …”, sebab hanya akan menyoroti kekurangan dalam diri kamu saja. 

Sebaliknya, fokuslah dengan skill apa yang benar-benar kamu kuasai saat ini dan relevan dengan posisi tersebut. Kemudian, jelaskan pula mengapa pengalaman kerja yang dimiliki membuatmu menjadi kandidat yang sangat sesuai untuk menghandle-nya. Hal ini akan membuat kamu memiliki value lebih ketimbang hanya menyoroti kekurangan dalam hal background pendidikan.

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Melamar

7. Tunjukkan Attitude yang Baik

attitude yang baik

Beberapa perusahaan sebetulnya paham bahwa tidak ada bedanya antara mempekerjakan lulusan sarjana atau tidak. Semuanya, tergantung dari skill, pengalaman dan juga kepribadian yang dimiliki seorang kandidat. Selain itu juga dari attitude yang baik, kooperatif dan juga komunikatif hingga passion yang sesuai.

Mengapa attitude lebih diutamakan? Sebab, melatih seseorang untuk memiliki attitude yang baik jauh lebih sulit daripada melatih kecerdasan maupun keterampilan.

Tanpa Gelar Bukanlah Halangan untuk Maju dalam Karir

Saat ini memiliki gelar sarjana atau tidak bukanlah jadi persoalan penting dalam mencari pekerjaan yang bagus. Ada banyak perusahaan yang tidak memandang gelar pendidikan sebagai syarat utama, tetapi lebih pada skill, pengalaman, personality dan attitude dari calon karyawannya. 

Untuk itulah, sebaiknya fokus dengan pengembangan diri, sebab gelar sarjana hanyalah sekedar titel tanpa arti jika kamu tak punya kualifikasi yang mumpuni. Selain itu, pandai-pandailah memilih jenis pekerjaan yang sesuai keahlian dan tidak  mengharuskan untuk memiliki gelar sarjana. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 6‌ ‌Tips‌ ‌jadi‌ ‌Customer‌ ‌Service‌ ‌Handal‌ ‌

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement