Jumat 13 May 2022 22:54 WIB

Dorong Teknologi Industri Pertambangan, MIND ID Gelar BIGMIND Innovation Award 2022

Nantinya akan ada tiga kategori utama yang diperlombakan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Dunia digital (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Dunia digital (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, atau Mining Industry Indonesia, yang beranggotakan di antaranya Aneka Tambang, Bukit Asam, Freeport Indonesia, Inalum (Persero), dan PT Timah menggelar BIGMIND Innovation Award 2022. Kompetisi ini merupakan refleksi komitmen MIND ID terhadap pertumbuhan ekosistem inovasi di Indonesia. 

Program ini merupakan kompetisi inovasi ketiga melanjutkan kesuksesan event sebelumnya yang melahirkan banyak ide dan inovasi yang membuat proses bisnis industri tambang menjadi lebih efisien, efektif, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga

BIGMIND Innovation Award 2022 diluncurkan oleh Direktur Pengembangan Usaha MIND ID - Dilo Seno Widagdo, Direktur Operasi dan Portofolio, Danny Praditya, Direksi Anggota MIND ID beserta jajaran Universitas Indonesia. Rangkaian peluncuran juga ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara MIND dan Universitas Indonesia tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilakukan oleh oleh Direktur Pengembangan Usaha MIND ID, Dilo Seno Widagdo dan Direktur Riset & Pengembangan Universitas Indonesia, Munawar Khalil, Ph.D di Depok pada Jumat (13/5/2022).

“MIND ID berharap inovasi yang lahir dari BIGMIND Innovation Award dapat bermanfaat, implementatif dan menjadi solusi atas tantangan industri pertambangan. Kontribusi karya inovator Indonesia akan mendukung perbaikan yang berkesinambungan (continuous improvement) dan mendatangkan potensi sumber pendapatan baru (new revenue stream) bagi Grup MIND ID. Di era VUCA (volatility, uncertainity, complexity, dan ambiguity) saat ini, kita memerlukan banyak insan yang kreatif dan inovatif agar teknologi pertambangan tumbuh optimal," ujar Dilo.

Ia menjelaskan, nantinya akan ada tiga kategori utama yakni Continous Improvement, New Revenue Stream, dan Greenovator dengan dua sub-kategori yakni konseptual dan implementasi. 

Peserta dapat memilih tujuh ruang lingkup topik yakni Proses Bisnis, Digitalisasi, Eksplorasi, Pertambangan, Proses Industri (Pegolahan & Pemurnian), CCUS dan Dekarbonisasi berhadiah ratusan juta rupiah. 

"Pendaftaran ide dan inovasi kategori Continous Improvement dan New Revenue Stream dibuka pada 20 Mei 2022 melalui www(dot)big(dot)mind(dot)id. Sedangkan kategori Greenovator (CCUS dan Dekarbonisasi) melalui https://greenovator(dot)ptba(dot)co(dot)id," kata dia.

Menurut dia, rangkaian BIGMIND Innovation Award 2022 dilengkapi dengan roadshow yang diselenggarakan secara luring dan dari atau hybrid. Roadshow BIGMIND Innovation Award 2022 menghadirkan praktisi, expert dan pelaku usaha yang akan memberikan informasi seputar industri pertambangan Indonesia.

Ia menjelaskan, MIND ID melalui Indonesia Mining & Mineral Research Institute (IMMRI) terus mendorong ekosistem pertumbuhan inovasi dan riset khususnya di kluster mineral dan batubara di Indonesia.

"Hal ini dilakukan karena budaya inovasi Grup MIND ID merupakan salah satu faktor pendukung kinerja perusahaan dan sejalan dengan budaya AKHLAK BUMN serta Noble Purpose MIND ID yakni We Explore Natural Resources for Civilization, Prosperity and a Brighter Future. MIND ID optimistis perkembangan teknologi digital akan memperkuat tata kelola operasional yang baik dan meningkatkan pertumbuhan industri pertambangan yang berkelanjutan," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement