Sabtu 14 May 2022 10:52 WIB

Gubernur NTT Ajukan Kopi Flores Jadi Kopi Resmi G20

Kopi Flores yaitu kopi arabika bajawa, arabika manggarai, dan robusta floresmanggarai

Red: Nidia Zuraya
Pekerja menata produk kopi Flores Bajawa (ilustrasi).
Foto: Hafidz Mubarak/ANTARA
Pekerja menata produk kopi Flores Bajawa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat agar komoditas kopi dari Flores, NTT, menjadi kopi resmi dalam pelaksanaan kegiatan G20 Indonesia 2022."Sehubungan dengan dilaksanakannya kegiatan G20 di Bali dan acara sampingan di Labuan Bajo, maka kopi Flores, NTT, dapat dipakai sebagai kopi resmi pada kegiatan G20," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, NTT, Sabtu (14/5/2022).

Gubernur Laiskodat telah mengajukan permohonan tersebut kepada pihak Kementerian Perdagangan pada Kamis (12/5/2022) sebagai tindak lanjut permohonan dari Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Manggarai Barat. Ia menyebutkan kopi Flores tersebut yaitu kopi arabika bajawa, kopi arabika manggarai, dan kopi robusta floresmanggarai.

Baca Juga

Kopi Flores tersebut, kata dia, telah mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis dari Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sebelumnya, Laiskodat telah melakukan kunjungan kerja ke wilayah Pulau Flores bagian barat seperti Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur dengan salah satu tujuan mengunjungi pusat-pusat produksi kopi.

Menurut dia, kopi Flores merupakan kopi yang berkelas premium dengan citra rasa yang sangat enak dan mampu bersaing di pasar global.Selain itu, komoditas kopi Flores juga kaya akan cerita yang kuat seperti tentang asal muasal nama kopi juria atau kopi robusta yang dikenal dalam bahasa daerah sebagai kopi Tuang.

Gubernur Laiskodat juga mendorong agar hotel-hotel di Labuan Bajo untuk menyuguhkan kopi Flores kepada para tamu agar kopi-kopi lokal mampu menjadi tuan di tanahnya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement