Sabtu 14 May 2022 17:35 WIB

Ketum PP Hikmahbudhi Bersyukur Pengamanan Arus Mudik dan Balik Berjalan Lancar

Euforia masyarakat terlihat di mudik tahun ini.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Sejumlah pemudik sepeda motor bersiap melanjutkan perjalanan setibanya di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Sebanyak 1.182 orang dan 466 kendaraan peserta arus balik gratis yang menggunakan sepeda motor tiba dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan KM Ciremai.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Sejumlah pemudik sepeda motor bersiap melanjutkan perjalanan setibanya di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (11/5/2022). Sebanyak 1.182 orang dan 466 kendaraan peserta arus balik gratis yang menggunakan sepeda motor tiba dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan KM Ciremai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelancaran Arus Mudik dan Arus Balik pada lebaran 2022 ini sangat membantu masyarakat  Indonesia, hal ini tidak lepas dari peran Polri dalam melakukan upaya rekayasa lalu lintas. Ketua Umum PP Hikmahbudhi Wiryawan, mengatakan langkah Korps Bhayangkara dalam mengatur arus mudik dan arus balik mudik Lebaran 2022 berjalan baii "Tantangan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2022 relatif lebih sulit dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Wiryawan, Sabtu (15/5/2022).

Euforia masyarakat yang dua tahun terakhir dilarang mudik untuk kembali ke kampung halaman sangat tinggi. Bahkan dari awal pemerintah telah memprediksi puluhan juta jiwa di perantauan akan berlebaran di kampung halaman masing-masing.

Baca Juga

Wiryawan mencontohkan sebagian langkah Polri misalnya dengan skema rekayasa lalu lintas sangat berhasil dalam mengurai kemacetan dan kepadatan, serta kebijakan ganjil genap, lawan arus (contraflow) dan One Way (satu arah) yang membuat kepadatan jalan raya menjadi berkurang.

"Kondisi ini dinilai telah diantisipasi dengan baik oleh Polri dibawah kepemimpinan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai pemangku kepentingan terkait. Berbagai strategi pun dilakukan Polri, hingga kekhawatiran masyarakat terkait akan adanya deadlock lalu lintas pun tidak terjadi," ujarnya.

Lebih lanjut Wiryawan mengungkapkan pengawalan Polri dalam arus mudik tahun 2022 ini terlihat lebih baik dan lebih lancar. Itu merupakan hasil kerja keras seluruh anggota Polri yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Meskipun arus mudik tahun ini jauh sangat padat, mengingat tahun ini merupakan mudik pertama setelah dua tahun. "Namun seperti tak menjadi halangan bagi kepolisian untuk menangani hal tersebut," kata Wiryawan.

Di sisi lain, ia menilai suksesnya arus mudik tahun 2022 ini juga karena dukungan dari ketersediaan infrastruktur yang memadai dari Presiden Jokowi yang telah mempersiapkan infrastruktur transportasi.

"Dapat kita lihat bersama walaupun masih ada terjadinya kemacetan di beberapa ruas tol atau nontol, hal ini tidak berlangsung lama karena ketersediaan infrastruktur dan transportasi sehingga mampu menjauhkan masyarakat dari kepadatan dan kemacetan. Oleh dari itu kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah dan Polri khususnya dalam staregi pengawalan mudik Lebaran 2022 atas keberhasilan tekait arus mudik dan arus balik dapat berjalan lancar," kata dia.

Dikutip dari Antara, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat hanya satu kecelakaan yang melibatkan kendaraan pemudik saat musim arus mudik dan balik Lebaran atau selama Operasi Ketupat Jaya 2022 sejak 28 April-9 Mei 2022.

 

"Kecelakaan memang ada peningkatan, tapi yang melibatkan pemudik satu dan itu pun hanya luka ringan di jalur arteri," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement