Sabtu 14 May 2022 17:53 WIB

Arus Kendaraan di GT Pasteur Meningkat 4.000 Unit di Libur Panjang

Petugas akan disiagakan guna mempercepat transaksi di pintu tol

Rep: fauzi ridwan/ Red: Hiru Muhammad
Arus lalu lintas kendaraan yang keluar dari gerbang tol Pasteur, Kota Bandung meningkat pada libur panjang pekan ini. Diperkirakan peningkatan kendaraan yang melintas akan terus bertambah hingga Ahad (14/5/2022).
Foto: istimewa
Arus lalu lintas kendaraan yang keluar dari gerbang tol Pasteur, Kota Bandung meningkat pada libur panjang pekan ini. Diperkirakan peningkatan kendaraan yang melintas akan terus bertambah hingga Ahad (14/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Arus lalu lintas kendaraan yang keluar dari gerbang tol Pasteur, Kota Bandung meningkat pada libur panjang pekan ini. Diperkirakan peningkatan kendaraan yang melintas akan terus bertambah hingga Ahad (14/5/2022).

"Saat ini terjadi lonjakan arus lalu lintas libur Waisak terutama pada weekend ini, biasanya kita hari Rabu dan Kamis 34 ribu yang melewati Pasteur. Jumat kemarin 38 ribu artinya ada kenaikan 4.000," ujar Manager Area Ruas Purbaleunyi Agus Pramono, Sabtu (14/5/2022).

Baca Juga

Ia memperkirakan kendaraan yang keluar dari gerbang tol Pasteur hendak melakukan perjalanan liburan di Kota Bandung. Pihaknya berupaya mengantisipasi terjadi kemacetan di traffic light Jalan Pasteur.

Agus mengatakan petugas akan disiagakan di tempat keluar kendaraan untuk mempercepat transaksi, termasuk menyiapkan mobile reader. Selain itu menyediakan top up saldo bagi pengendara yang kehabisan saldo agar tidak terjadi antrean panjang.

Ia memperkirakan puncak kendaraan yang melintasi gerbang tol Pasteur terjadi hari ini, Sabtu (14/5/2022). Pada Ahad (15/5/2022) besok diperkirakan jumlah kendaraan yang masih melintas tetap ada. "Kita perkirakan hari ini dan besok, Senin libur," katanya.

Sebelumnya, Jajaran Satlantas Polrestabes Bandung akan melakukan rekayasa lalu lintas selama libur panjang Sabtu (14/5/2022) hingga Senin (16/5/2022) di titik-titik jalan yang rawan macet. Petugas pun akan disiagakan di tempat-tempat tersebut untuk mengurai kemacetan. 

Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan wisatawan diperkirakan akan meningkat selama libur panjang di Kota Bandung. Sejumlah ruas jalan khususnya jalur wisata diprediksi akan padat dengan kendaraan. "Kami sudah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas pada libur panjang pekan ini dan menempatkan personel di titik rawan kemacetan," ujarnya, Jumat (13/5/2022). 

Ia menuturkan pusat keramaian diperkirakan akan dikunjungi wisatawan luar maupun dalam Kota Bandung. Beberapa titik rawan kemacetan seperti Jalan Sukajadi, Jalan Setiabudi, Asia Afrika, Alun-Alun Kota Bandung, Pasteur, Pasirkaliki, Cibiru dan Jalan Dago.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement