Ahad 15 May 2022 14:46 WIB

Daftar Panjang Teror Rasialis Kulit Putih

Penembakan di Buffalo, New York menambah panjang sejarah pembantaian yang dilakukan penganut supremasi kulit putih,

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Partner
.
.

Dekade kedua milenium baru menandai kebangkitan gerakan supremasi kulit putih di seantero negara-negara dengan mayoritas kaukasoid. Para pelaku Penembakan masal bermotif rasial yang menyasar berbagai kelompok minoritas non-kulit putih juga menjadi-jadi. Yang terkini, 10 warga Afrika-Amerika dibunuh dengan keji di Buffalo, New York, Amerika Serikat.

Payton Gendron, pelaku penembakan di Buffalo, New York, Sabtu (14/5/2022). (Mark Mulville/The Buffalo News via AP) 
Payton Gendron, pelaku penembakan di Buffalo, New York, Sabtu (14/5/2022). (Mark Mulville/The Buffalo News via AP)

Para pelaku bertingkah berlandaskan teori konspirasi bahwa ras kulit putih Eropa yang mereka anggap paling mulia di muka Bumi tengah terancam keberadaannya. Berikut daftar panjang kekejian para teroris supremasi kulit putih yang mengemuka sejak 2010.

Pembantaian di Utøya (2012)

Pada 22 Juli 2012, seorang penganut paham supremasi kulit putih dan akstremis sayap kanan, Anders Behring Breivik menyerbu perkemahan pemuda di Utøya, Norwegia, serta menyebar sejumlah bom di Oslo. Brevik menembak mati 67 remaja dan membunuh 8 lainnya dengan bom sebagai bagian kampanye antiimigran yang ia lancarkan.

Anders Behring Breivik melakukan salam ala Nazi saat disidang. (Reuters)
Anders Behring Breivik melakukan salam ala Nazi saat disidang. (Reuters)

Penembakan Gereja Charleston (2015)

Pada 17 Juni 2015, Dylann Roof menembak mati sembilan warga Afrika-Amerika di Charleston, South Carolina, Amerika Serikat. Dylann Roof diketahui menuliskan manifesto soal kejayaan kulit putih Eropa sebelum melakukan penembakan. Ia juga menyimpan Bendera Konfederasi yang sejak lama punya konotasi dengan perbudakan kulit hitam di Amerika Serikat.

Dylann Roof tertangkap selepas melakukan pembunuhan pada 2015. (AP Photo/Chuck Burton, File)
Dylann Roof tertangkap selepas melakukan pembunuhan pada 2015. (AP Photo/Chuck Burton, File)

Penembakan Masjid di Quebec (2017)

Pada 29 Januari 2017, seorang teoris supremasi kulit-putih dan nasionalis sayap kana, Alexandre Bissonnette, melakukan penembakan saat jamaah sedang bersembahyang di Islamic Cultural Center di Quebec, Kanada. Sebanyak enam jamaah gugur dalam serangan itu dan 19 lainnya terluka.

Alexandre Bissonnette. (facebook)
Alexandre Bissonnette. (facebook)

Penembakan Sinagog Pittsburg (2018)

Pada 27 Oktober 2018, Robert Gregory Bowers melakukan penembakan masal di sinagog di Squirrel Hill, Pittsburg, Pennsylvania, AS. Bowers diketahui kerap mengunggah komentar-komentar antisemitisme. Sebelas warga Yahudi dibunuh dalam kejadian itu dan enam lainnya terluka.

Penembakan Masjid di Christchurch (2019)

Pada 15 Maret 2019, seorang teroris sayap kanan, Brenton Harrison Tarrant merekam dan menyiarkan secara langsung aksinya melakukan penembakan di Masjid an-Noor di Christchurch, Selandia Baru yang berlanjut ke Lindwood Islamic Center. Tarrant membunuh 51 Muslim dan melukai 40 lainnya. Manifesto yang ditulis Tarrant menunjukkan pengaruh neo-Nazi dan antiimigran serta anti-Islam.

Brenton Harrison Tarrant. (John Kirk-Anderson/Pool Photo via AP)
Brenton Harrison Tarrant. (John Kirk-Anderson/Pool Photo via AP)

Pembantaian El Paso (2019)

Pada 3 Agustus 2019 serangan teroris sayap kanan terjadi di sebuah toko Wallmart di El Paso, Texas, AS. Sebanyak 23 orang meninggal dalam penembakan tersebut, kebanyakan merupakan warga Latin-Amerika. Pelakunya dalah Patrick Wood Crusius. Ia menyebut penembakan Muslim di Christchurch di atas sebagai inspirasi.

Patrick Wood Crusius. (Briana Sanchez/El Paso Times via AP, Pool)
Patrick Wood Crusius. (Briana Sanchez/El Paso Times via AP, Pool)

Penembakan Spa di Atlanta (2021)

Pada 16 Maret 2021, sebanyak delapan orang ditembak mati di tiga tempat spa di Atlanta Georgia, AS. Enam diantaranya adalah warga keturunan Asia. Robert Aaron Long, sang pelaku, mengaitkan kencaduan seksual yang dituduhkan pada para pekerja sala Asia itu bertentangan dengan ajaran Kristen yang ia anut sebagai alasan pembunuhan. Pemerintah AS kemudian mengategorikan pembunuhan itu merupakan kejahatan berdasarkan kebencian rasial.

Robert Aaron Long. (Ben Gray/Atlanta Journal-Constitution via AP, Pool)
Robert Aaron Long. (Ben Gray/Atlanta Journal-Constitution via AP, Pool)

Penembakan Supermarket di Buffalo (2022)

Seorang pria kulit putih membunuh 10 orang dan melukai tiga lainnya dalam pembantaian yang dilakukan di area supermarket Tops di Buffalo, New York, AS. Payton Gendron, sang pelaku menuliskan manifesto pro supremasi kulit putih dan menyatakan penembakan Muslim di Christchurch sebagai inspirasi. Payton juga mengunggah pembunuhan yang ia lakukan melalui Twitch.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَىِٕنْ سَاَلْتَهُمْ مَّنْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ لَيَقُوْلُنَّ اللّٰهُ ۗ قُلْ اَفَرَءَيْتُمْ مَّا تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ اَرَادَنِيَ اللّٰهُ بِضُرٍّ هَلْ هُنَّ كٰشِفٰتُ ضُرِّهٖٓ اَوْ اَرَادَنِيْ بِرَحْمَةٍ هَلْ هُنَّ مُمْسِكٰتُ رَحْمَتِهٖۗ قُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ ۗعَلَيْهِ يَتَوَكَّلُ الْمُتَوَكِّلُوْنَ
Dan sungguh, jika engkau tanyakan kepada mereka, “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?” Niscaya mereka menjawab, “Allah.” Katakanlah, “Kalau begitu tahukah kamu tentang apa yang kamu sembah selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan bencana kepadaku, apakah mereka mampu menghilangkan bencana itu, atau jika Allah hendak memberi rahmat kepadaku, apakah mereka dapat mencegah rahmat-Nya?” Katakanlah, “Cukuplah Allah bagiku. Kepada-Nyalah orang-orang yang bertawakal berserah diri.”

(QS. Az-Zumar ayat 38)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement