Ahad 15 May 2022 19:54 WIB

DMI Sulteng: Jadikan Masjid Benteng Peradaban Umat

DMI Sulteng mengajak umat Islam optimalkan peran masjid

Red: Nashih Nashrullah
Logo DMI. DMI Sulteng mengajak umat Islam optimalkan peran masjid
Foto: dmi.or.id
Logo DMI. DMI Sulteng mengajak umat Islam optimalkan peran masjid

REPUBLIKA.CO.ID, PARIGI— Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Sulawesi Tengah meminta pengurus DMI di semua kabupaten/kota se-Sulteng menjadikan dan mengembangkan fungsi masjid sebagai benteng peradaban umat.

"Pengembangan fungsi masjid sebagai benteng pembangunan peradaban umat, menjadi prioritas DMI," kata Sekretaris Umum PW DMI Sulteng, Muchtar Ibnu Masud, dalam sambutannya pada Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Parigi Moutongdi Parigi, Ahad (15/5/2022).  

Baca Juga

Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah DMI Parigi Moutong berlangsung di Masjid Darussalam, Komplek Pelabuhan, Kelurahan Loji, Kota Parigi.

Muchtar mengemukakan pembangunan peradaban umat berbasis masjid ke depan menjadi fokus yaitu menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan dan sentral pemberdayaan ekonomi umat.

"Dalam konteks pembangunan peradaban umat, DMI fokus pada pengembangan fungsi masjid sebagai pusat pendidikan dan pemberdayaan umat," ucap Muchtar.

Pengembangan fungsi masjid sebagai pusat pendidikan umat, katanya, terlebih dahulu DMI akan melakukan pembinaan kapasitas imam masjid dan pegawai syara.

"Sesuai dengan arahan Ketum DMI Sulteng bahwa ke depan DMI akan melibatkan pondok pesantren untuk membina para imam dan pegawai syara, untuk mengembangkan kapasitas mereka," ujar Muhtar.

Oleh karena itu, imam masjid dan pegawai syariat dapat menjalankan fungsi masjid sebagai tempat pendidikan, minimal pendidikan Islam khususnya baca dan tulis Alquran yang diajarkan kepada anak usia dini.

Kemudian, pada aspek pemberdayaan ekonomi umat, DMI Sulteng mengembangkan konsep masjid mart yang dalam waktu dekat akan diluncurkan di Palu.

"Masjid mart ini sedang disiapkan oleh tim, Insya Allah niat baik Ketum DMI Sulteng untuk mengembangkan masjid sebagai sentral pendidikan dan pemberdayaan umat dapat diijabah Allah SWT," ungkapnya.

Dia juga meminta pengurus Pimpinan Daerah DMI Parigi Moutong, tetap solid, tetap menjaga kebersamaan dan persaudaraan, serta mengedepankan visi DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan masjid dalam menjalankan program organisasi.

"Kata kunci untuk mewujudkan visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid adalah kesolidan serta kebersamaan pengurus. Ini harus benar-benar diperhatikan," kata dia.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement