Ahad 15 May 2022 20:04 WIB

Basarnas Cari Wisatawan yang Tenggelam di Pantai Selatan Sukabumi

Basarnas sempat menyelamatkan satu wisatawan yang terseret di Pantai Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Sebanyak dua orang wisatawan dilaporkan tenggelam di Pantai Citepus Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Ahad (15/5/2022). Di mana dari dua orang tersebut satu orang selamat dan satu orang lagi masih dalam proses pencarian Basarnas.
Foto: dok SAR Jakarta
Sebanyak dua orang wisatawan dilaporkan tenggelam di Pantai Citepus Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Ahad (15/5/2022). Di mana dari dua orang tersebut satu orang selamat dan satu orang lagi masih dalam proses pencarian Basarnas.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak dua orang wisatawan dilaporkan tenggelam di Pantai Citepus Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Ahad (15/5/2022). Di mana dari dua orang tersebut satu orang selamat dan satu orang lagi masih dalam proses pencarian Basarnas.

Dara dari Kantor SAR Jakarta menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.10 WIB pada saat salah satu korban yang diketahui bernama Dandi Taufik (26 tahun) sedang bermain air di bibir pantai kemudian tiba-tiba tanpa disadari korban bergeser ke tengah laut. Selanjutnya Riki Irawan (37 tahun) yang ada di lokasi tersebut kemudian berusaha memberikan pertolongan namun naas dirinya ikut terseret ombak.

Beruntung petugas balawista yang ada di kawasan wisata tersebut memberikan pertololongan kepada Riki Irawan (37) sehingga berhasil diselamatkan. Sedangkan Dandi Taufik (26) saat ini masih dalam pencarian oleh unsur SAR Gabungan.

"Kami sudah mengerahkan personil rescue yang akan bergerak bersama unsur SAR gabungan yang ada di lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap korban," ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR. 

Upaya pencarian pada hari ini akan dibagi menjadi 2 (dua) area pencarian dimana tim pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet di are laut dengan luas area pencarian hingga 2 Nm2. Kemudiam tim kedua akan melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga radius 4 KM.

Unsur SAR gabungan yang terlibat pada hari ini meliputi Pos SAR Sukabumi, Satpolair Polres Sukabumi, Pos TNI AL Palabuhanratu, Damkar Sukabumi, BPBD Sukabumi, Balawista, RAPI lokal1, MRI ACT Sukabumi, Catatan Cakrawala, dan masyarakat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ لَا تَغْلُوْا فِيْ دِيْنِكُمْ وَلَا تَقُوْلُوْا عَلَى اللّٰهِ اِلَّا الْحَقَّۗ اِنَّمَا الْمَسِيْحُ عِيْسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُوْلُ اللّٰهِ وَكَلِمَتُهٗ ۚ اَلْقٰهَآ اِلٰى مَرْيَمَ وَرُوْحٌ مِّنْهُ ۖفَاٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ وَلَا تَقُوْلُوْا ثَلٰثَةٌ ۗاِنْتَهُوْا خَيْرًا لَّكُمْ ۗ اِنَّمَا اللّٰهُ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ ۗ سُبْحٰنَهٗٓ اَنْ يَّكُوْنَ لَهٗ وَلَدٌ ۘ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ وَكَفٰى بِاللّٰهِ وَكِيْلًا ࣖ
Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, “(Tuhan itu) tiga,” berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Mahasuci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.

(QS. An-Nisa' ayat 171)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement