Sopir Mengantuk Diduga Jadi Penyebab Kecelakaan Maut Tol Sumo

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq

Petugas kepolisian saat melakukan pemeriksaan di lokasi kecelakaan bus Ardiansyah di tol Surabaya-Mojokerto.
Petugas kepolisian saat melakukan pemeriksaan di lokasi kecelakaan bus Ardiansyah di tol Surabaya-Mojokerto. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jatim, AKBP Dwi Sumrahadi mengungkapkan, dugaan sementara penyebab kecelakaan bus Ardiansyah dengan Nopol S 7322 UW yang menewaskan 13 penumpang adalah karena sopir bus mengantuk. Bus yang mengangkut sekitar 25 penumpang itu mengalami kecelakaan di KM 712+400 jalur A Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) pada Senin (16/5) pagi.

Bus tersebut menabrak tiang pesan-pesan atau variable message sign (VMS). "Lakalantas terjadi patut diduga karena driver mengantuk," ujarnya dikonfirmasi Republika.co.id, Senin (16/5/2022).

Dwi merinci, dari 13 penumpang yang dinyatakan meninggal dunia, 10 di antaranya meninggal di tempat kejadian. Sementara tiga sisanya meninggal di rumah sakit. Selain itu, lanjut Dwi, 12 penumpang sisanya mengalami luka berat dan telah mendapat perawatan medis.

Para korban dibawa ke beberapa rumah sakit terdekat. "Paling banyak di RS Wahidin (Mojokerto)" ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini sejumlah penumpang yang mengalami luka berat maupun meninggal dunia masih dalam pendataan. Artinya, kata dia, data penumpang yang meninggal maupun dalam perawatan sifatnya masih dinamis.

Lebih lanjut Dwi pun menjelaskan kronologi kecelakaan nahas yang menewaskan belasan penumpang tersebut. Semula Bus Ardiansyah yang membawa penumpang sekitar 25 orang tersebut berangkat dari Yogyakarta dengan tujuan Surabaya.

Bus tersebut, lanjut Dwi, melaju dengan kecepatan sedang di lajur lambat. Saat tiba di km 712+200 jalur A, kendaraan oleng ke kiri dan menabrak tiang VMS di pinggir bahu jalan tol hingga terguling.

Terkait


Bus Ardiansyah Kecelakaan Tunggal di Tol Sumo, 13 Meninggal

Tarif Tol Surabaya-Mojokerto Naik Mulai Sabtu Besok

Kecelakaan Beruntun di Tol Surabaya-Mojokerto, 16 Orang Terluka

Ditlantas Polda Jatim Siapkan Pengamanan saat Libur Panjang

Tarif Baru Tol Surabaya-Mojokerto Berlaku Mulai 3 Januari

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark