Senin 16 May 2022 19:46 WIB

Kendaraan Besar ke Arah Jakarta Dialihkan ke GT Palimanan 4

Pengalihan kendaraan besar atau sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri pantura

Red: Agung Sasongko
Gerbang Tol Palimanan 4.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Gerbang Tol Palimanan 4.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satlantas Polresta Cirebon, Jawa Barat, mengeluarkan kendaraan besar yang mengarah ke Jakarta di Gerbang Tol (GT) Palimanan 4 untuk melalui jalur arteri, guna mengantisipasi kepadatan di jalan tol.

"Untuk sumbu tiga ke atas kita alihkan ke jalur arteri," kata Kasubnit Turjawali Satlantas Polresta Cirebon Ipda Asep Dedi di Cirebon, Senin (16/5/2022).

Baca Juga

Asep mengatakan pengalihan kendaraan besar atau sumbu tiga ke atas melalui jalur arteri pantura, dikarenakan kondisi lalu lintas di jalan tol mengalami peningkatan pada libur panjang akhir pekan.Apalagi saat ini lanjut Asep, kendaraan yang mengarah ke Jakarta sudah terpantau ramai, sehingga Kakorlantas Polri menginstruksikan, agar kendaraan besar dikeluarkan ke jalur arteri.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas tersebut tidak berlaku untuk kendaraan besar pengangkut kebutuhan pokok seperti bahan bakar minyak (BBM), pupuk, air minum dan lainnya masih diperbolehkan lewat."Libur panjang mengakibatkan dari arah Jateng ke Jakarta meriah, untuk itu kita alihkan yang sumbu tiga ke atas mulai jam 15.00 WIB," tuturnya.

Ia menambahkan, rekayasa lalu lintas tersebut berlaku, pada Senin (16/5) mulai jam 15.00 WIB, sampai arus kendaraan yang mengarah ke Jakarta normal.Untuk itu, kata Asep, setiap kendaraan besar yang melintas di jalur Top Palimanan-Kanci (Palikanci) dan akan mengarah ke jalur Cipali dikeluarkan di GT Palimanan 4 untuk kemudian dilanjutkan ke jalur arteri pantura.

"Untuk penerapan melihat situasi di lapangan, kalau arus sudah kembali normal seperti biasa, maka akan kita hentikan," katanya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement