Selasa 17 May 2022 23:10 WIB

UPI Kukuhkan 7 Guru Besar, Tahun Ini Dekati Jumlah Ideal

idealnya guru besar di perguruan tinggi sekitar 10 persen dari jumlah dosen yang ada

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan mengukuhkan 7 guru besar. Pengukuhan dilakukan pada Rabu dan Kamis, 18-19 Mei 2022.
Foto: istimewa
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan mengukuhkan 7 guru besar. Pengukuhan dilakukan pada Rabu dan Kamis, 18-19 Mei 2022.

REPUBLIKA.CO.ID BANDUNG--Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan mengukuhkan 7 guru besar. Pengukuhan dilakukan pada Rabu dan Kamis, 18-19 Mei 2022. 

Menurut Sekretaris Dewan Guru Besar (DGB) UPI, Prof.Dr. Hj. Aan Komariah M.Pd, kegiatan digelar secara daring melalui aplikasi zoom untuk para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, keluarga, kolega serta masyarakat di Indonesia. 

Baca Juga

Aan mengatakan, bagi para peserta pengukuhan kegiatan diselenggarakan secara terbatas di Gedung Achmad Sanusi Kampus UPI dengan mengikuti tes antigen dan tes PCR terlebih dahulu. 

Selain itu, kata dia, kegiatan di kampus dengan mengikuti Peraturan, Ketentuan dan Standar Protokol Kesehatan Pemerintah Republik Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

Aan menjelaskan, idealnya guru besar di perguruan tinggi sekitar 10 persen dari jumlah dosen yang ada. "Idealnya UPI miliki 149 guru besar karena dosennya 1.500 kurang satu. Tapi di UPI saat ini hanya 129 guru besar yang aktif. Jadi diharapkan seiring dengan penambahan guru besar tahun ini kita bisa mendekati angka ideal," ujar Ana dalam jumpa pers pengukuhan guru besar UPI, di Kampus UPI, Selasa (17/5/2022).

Pada sesi pertama yakni Rabu, 18 Mei 2022 guru besar yang dikukuhkan sebanyak 4 orang yakni pertama Prof. Dr. Drs. Dedi Sutedi, M.A., M.Ed, Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Linguistik Bahasa Jepang pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI yang akan membahas tentang "Peranan Linguistik dalam Pendidikan Bahasa Jepang (BJ)."

Kedua, Prof. Dr. Nina Sutresna, M.Pd, Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Sosiologi Olahraga pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI dengan pidato pengukuhan "Wanita dan Olahraga dalam Dimensi Sosial."

Ketiga, Prof. Dr. Drs. A. Sobandi, M.Si., M.Pd, Guru Besar dalam Bidang Ilmu Administrasi Pendidikan Pada Fakultas Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (FPEB) UPI  yang akan menyampaikan "Pengelolaan Dan Implementasi Education 4.0  Di Pendidikan Tinggi Dalam Peningkatan Mutu  Pendidikan Manajemen Perkantoran."

Keempat, Prof. Dr. Vanessa Gaffar, S.E., Ak., M.B.A, Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Manajemen pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI yang akan menyampaikan pemilirannya tentang “Agile Social CRM:  Penciptaan Kerterlibatan Pelanggan Di Era Ekonomi Digital”

Pada sesi Kedua yakni, Kamis 19 Mei 2022 guru besar yang akan dikukuhkan sebanyak tiga orang. Pertama Prof. Dr. Dra. Janah Sojanah, M.Si, Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI yang akan menyampailan pidato penguuhannya, “Kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) Di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Era New Normal.”

Kedua, Prof. Dr. Dra. Nani Sutarni, M.Pd, Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pendidikan Manajemen pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI yang akan menyampaikan pemilikirannya tentang “Pengembangan Mutu  Pendidikan Manajemen  Untuk Pembangunan Pendidikan Berkelanjutan.”

Ketiga, Prof. Dr. Dra. Nurjanah, M.Pd, Guru Besar UPI dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika pada Fakultas Pendidikan Matematika dan  Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) UPI dengan pidato pengukuhannya tentang “Implementasi ICT Dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0”. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement