Rabu 18 May 2022 08:10 WIB

Hujan Deras dan Angin Kencang Bikin 127 Rumah di Kota Depok Rusak

Ratusan rumah di Kecamatan Sawangan dan Pancoran Mas rusak akibat angin kencang.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra
Salah satu rumah warga di Kota Depok yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang (ilustrasi).
Foto: Dok Pemkot Depok
Salah satu rumah warga di Kota Depok yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok melaporkan ada 127 rumah rusak akibat hujan deras dengan butiran es disertai angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Depok pada Ahad (15/5/2022). Ada dua wilayah yang terdampak cukup parah, yakni di Kecamatan Sawangan dan Pancoran Mas.

"Tak hanya ratusan rumah rusak, juga ratusan pohon tumbang. Alhamdulillah, tak ada korban jiwa," kata Kabid Operasional dan Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).

Menurut Welman, titik lokasi bencana tersebut sebarannya, yakni di Kelurahan Rangkapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas tercatat ada 21 rumah yang rusak ringan maupun berat dan di Kelurahan Mampang Kecamatan Pancoran Mas ada 89 rumah yang rusak ringan maupun berat. Selanjutnya, di Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan ada 27 rumah rusak berat dan ringan.

"Kami berhasil menyelamatkan enam orang yang saat kejadian rumahnya tertimpa pohon yakni di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas dan di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan," terangnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris terjun langsung mendatangi lokasi puluhan rumah rusak akibat hujan dan angin kencang di RW 03 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. "Rata-rata asbes rusak ada yang dua sampai 10 lembar. Saya sudah menginstruksikan untuk segera diberi bantuan logistik makanan dan kebutuhan lainnya serta terpal dan tenda," jelasnya.

Idris menuturkan, Pemkot Depok sudah meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD), terkait seperti Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok untuk melakukan penanganan bantuan berupa perbaikan rumah rusak. "Kami imbau warga di saat cuaca ektrem saat ini untuk selalu waspada akan terjadinya potensi bencana alam," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement