Rabu 18 May 2022 15:10 WIB

Perang Rusia-Ukraina: Daftar Peristiwa Penting, Hari Ke-83

Saat perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-83, inilah perkembangan utamanya.

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
.

Suasana Ukraina memasuki hari perang kle-29 lawan Rusia.
Suasana Ukraina memasuki hari perang kle-29 lawan Rusia.

Pertempuran

Lebih dari 260 pejuang Ukraina telah dievakuasi dari pabrik baja Azovstal di Mariupol ke wilayah yang dikuasai Rusia, dan upaya untuk menyelamatkan yang tersisa terus berlanjut, kata wakil menteri pertahanan Ukraina.

Ledakan mengguncang kota barat Lviv dan serangan Rusia menghantam pangkalan militer dekat perbatasan Polandia, kata pejabat Ukraina. Pertahanan udara negara itu menembak jatuh tiga rudal jelajah di wilayah Lviv, kata angkatan udara.

Dua puluh warga sipil tewas dalam penembakan Rusia di wilayah Donetsk dan Luhansk, menurut Satuan Tugas Pasukan Gabungan Ukraina.

Sebuah desa di provinsi barat Rusia Kursk yang berbatasan dengan Ukraina diserang oleh Ukraina, kata gubernur regional Roman Starovoit. Tidak ada korban luka yang dilaporkan, tetapi tiga rumah dan sebuah sekolah terhantam.

Polisi regional di wilayah Bucha utara ibukota Ukraina, Kyiv, mengatakan mayat tiga warga sipil lagi ditemukan di dekat sebuah desa. Ukraina menuduh pasukan Rusia membunuh ratusan warga sipil saat mereka mundur dari daerah itu lebih dari dua bulan lalu. Rusia membantah tuduhan itu.

Pasukan Ukraina menembaki daerah perumahan di distrik Petrovsky, menurut administrasi Republik Rakyat Donetsk yang didukung Rusia, kantor berita negara Rusia RIA melaporkan.

Sebuah serangan rudal Rusia menghantam “sasaran sipil” di kota Okhtyrka, melukai sedikitnya lima orang, kata gubernur wilayah Sumy.

NATO

Swedia telah bergabung dengan negara tetangga Finlandia dalam secara resmi memutuskan untuk mengajukan keanggotaan NATO, sebuah langkah yang mengakhiri lebih dari 200 tahun non-blok militer negara itu.

Turki "tidak bisa mengatakan 'ya'" untuk Finlandia dan tawaran NATO Swedia, kata Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Presiden Rusia Vladimir Putin, membalikkan pernyataan sebelumnya, mengatakan Rusia tidak memiliki masalah dengan Finlandia dan Swedia bergabung dengan aliansi militer.

Juru bicara kepala pemerintah Jepang mengatakan negaranya menghormati "keputusan serius" Swedia untuk mengajukan keanggotaan NATO.


Diplomasi dan bantuan

Senat AS telah mendukung pengiriman tambahan $40 miliar ke Ukraina sebagai bantuan bantuan. Kemungkinan pemungutan suara untuk RUU itu diharapkan akhir pekan ini.

Kepala Palang Merah Francesco Rocca menuduh Eropa melakukan “standar ganda”, merujuk pada negara-negara yang dengan cepat menerima warga Ukraina yang melarikan diri dari invasi Rusia tetapi tidak menyambut orang-orang yang melarikan diri dari kekerasan di Afrika, Timur Tengah, dan di tempat lain.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko meminta anggota aliansi militer pimpinan Rusia untuk bersatu dan menuduh Barat mendukung ide-ide Nazi dan memperpanjang konflik di Ukraina.

Para menteri luar negeri Uni Eropa gagal dalam upaya mereka untuk menekan Hongaria agar mencabut hak vetonya atas usulan embargo minyak terhadap Rusia.

Jerman terbuka terhadap gagasan untuk menyita aset negara Rusia untuk membiayai rekonstruksi Ukraina, kata Menteri Keuangan Christian Lindner.

Ekonomi

Menteri pertanian Polandia menyarankan ekspor biji-bijian Ukraina yang tertahan di pelabuhan Laut Hitam untuk dialihkan melalui Polandia.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen akan mengungkap rencana aksi untuk mencapai ketahanan pangan global setelah perang di Ukraina mengganggu pasokan gandum, barley, minyak bunga matahari dan bahan pokok lainnya dan menaikkan harga pangan global yang sudah tinggi.

Uni Eropa memberi perusahaan lampu hijau untuk membeli gas dari Rusia tanpa melanggar sanksi, menunjukkan sikap lunak dalam kebuntuan dengan Moskow atas pasokan energi.

McDonald's mengumumkan penjualan bisnisnya di Rusia, dengan mengatakan negara itu "tidak lagi dapat dipertahankan, juga tidak konsisten dengan nilai-nilai McDonald's". Perusahaan ini memiliki 850 restoran dan 62.000 karyawan di Rusia.umv

**** sumber: https://www.aljazeera.com/news/2022/5/17/russia-ukraine-war-list-of-key-events-day-83

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement