Rabu 18 May 2022 21:39 WIB

Komnas Pengendalian Tembakau: Merokok Salah Satu Penyebab Hipertensi

Distribusi rokok harus dikendalikan mengingat orang Indonesia banyak yang merokok.

Red: Reiny Dwinanda
Hindari rokok (ilustrasi). Merokok merupakan salah satu faktor risiko hipertensi.
Foto: Republika/Prayogi
Hindari rokok (ilustrasi). Merokok merupakan salah satu faktor risiko hipertensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Bidang Edukasi Publik dan Pemberdayaan Masyarakat Komnas Pengendalian Tembakau Rita Damayanti mengingatkan bahaya merokok. Ia menyampaikan bahwa merokok adalah salah satu faktor penyebab hipertensi.

"Merokok adalah salah satu faktor risiko hipertensi dan ujungnya adalah penyakit yang mematikan, seperti serangan jantung dan strok," ujar Rita dalam konferensi pers Hari Hipertensi Sedunia 2022: Pengendalian Faktor Risiko Penyakit tidak Menular (PTM) untuk Indonesia Lebih Sehat yang diikuti di Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi hipertensi pada penduduk dewasa di Indonesia 34,11 persen atau naik dari sebelumnya 25,8 persen pada 2013. Oleh karena itu, Rita mengatakan, distribusi rokok harus dikendalikan mengingat Indonesia menjadi salah satu negara dengan persentase perokok dewasa tertinggi di dunia dan perokok anak yang terus bertambah secara signifikan.

Menurut Rita, kondisi ini pada akhirnya dapat memicu komplikasi kesehatan yang lebih buruk. Kondisi itu diperburuk oleh prevalensi konsumsi rokok penduduk di atas 15 tahun di Tanah Air yang mencapai 66 persen dan prevalensi perokok pada kelompok umur 10-14 tahun yang sebesar 3,5 persen (Tobacco Atlas).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement