Kamis 19 May 2022 06:23 WIB

Zohri Gagal Raih Medali Nomor 100 Meter SEA Games 2021

Dalam perjalanan menuju SEA Games Vietnam, Zohri sempat mengalami cedera hamstring.

Red: Endro Yuwanto
Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri (kiri) memacu kecepatan pada nomor lari 100 meter putra SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022). Zohri gagal meraih medali setelah hanya finis keempat dengan catatan waktu 10,59 detik.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri (kiri) memacu kecepatan pada nomor lari 100 meter putra SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022). Zohri gagal meraih medali setelah hanya finis keempat dengan catatan waktu 10,59 detik.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri gagal meraih medali nomor 100 meter putra SEA Games ke-31 yang dilombakan di Hanoi National Sports Complex, Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Rabu (18/5/2022). Zohri finis di urutan keempat dengan catatan waktu 10,59 detik.

Zohri berada di belakang dua pelari Thailand yang berada di posisi pertama dan kedua Puripol Boonson dengan 10,44 detik dan Soraoat Dapbang dengan 10,56 detik, juga pelari Singapura Marc Brian Louis yang finis di posisi ketiga.

Baca Juga

Pelari asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mengaku tidak mengeluarkan seluruh energinya pada saat heat yang dilakukan sekitar satu jam jelang perlombaan. "Sebenarnya sih masih menyimpan tenaga cuman ya saya menyebutnya belum rezeki, semoga ke depannya lebih baik lagi," ujar Zohri kepada pers setelah perlombaan usai.

Dalam perjalanan menuju SEA Games Vietnam, Zohri sempat mengalami cedera hamstring saat turun dalam Kejuaraan Dunia Atletik Indoor di Stark Arena, Belgrade, Serbia, pada 18-20 Maret 2022. Meski tidak lagi terasa sakit, Zohri mengaku cederanya mempengaruhi persiapannya untuk mengikuti pesta olahraga sesama negara Asia Tenggara itu.

"Seminggu kayaknya saya latihan. Kalau sakit sih enggak, cuman kayak trauma gitu," kata Zohri. "Sebenarnya terapi dulu selama berapa bulan. Saya balik ke trek itu dua minggu, seminggunya baru block sama starter. Catatan waktu sih jelek, InshaAllah ke depannya diperbaiki."

Catatan waktu terbaik Zohri masih berada pada angka 10,03 detik yang ditorehkannya dalam seri Golden Grand Prix Osaka 2019 di Jepang yang sekaligus mengantarkan dia ke Olimpiade Tokyo. Cabang olahraga atletik tidak dapat menyumbang medali untuk Indonesia hari ini, setelah Valentin Longteng juga gagal menempati tiga posisi teratas pada nomor 100 meter putri.

Hingga saat ini cabang olahraga atletik SEA Games Vietnam telah mempersembahkan satu emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَجَاهِدُوْا فِى اللّٰهِ حَقَّ جِهَادِهٖۗ هُوَ اجْتَبٰىكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِى الدِّيْنِ مِنْ حَرَجٍۗ مِلَّةَ اَبِيْكُمْ اِبْرٰهِيْمَۗ هُوَ سَمّٰىكُمُ الْمُسْلِمِيْنَ ەۙ مِنْ قَبْلُ وَفِيْ هٰذَا لِيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ شَهِيْدًا عَلَيْكُمْ وَتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِۖ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاعْتَصِمُوْا بِاللّٰهِ ۗهُوَ مَوْلٰىكُمْۚ فَنِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ ࣖ ۔
Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu, dan Dia tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur'an) ini, agar Rasul (Muhammad) itu menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka laksanakanlah salat; tunaikanlah zakat, dan berpegangteguhlah kepada Allah. Dialah Pelindungmu; Dia sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.

(QS. Al-Hajj ayat 78)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement