Jumat 20 May 2022 05:20 WIB

Infografis Rukun Haji

Rukun haji

Red: Muhammad Hafil
Foto: Republika
Ilustrasi haji, rukun haji, manasik haji, ibadah haji

REPUBLIKA.CO.ID,

Rukun Haji

Ihram

Niat untuk melaksanakan haji. Jamaah perlu memerhatikan tempat dan waktu miqat.

Wukuf di Arafah

Dimulai sejak dzuhur pada 9 Dzulhijjah hingga subuh tanggal 10 Dzulhijjah. Nabi Muhammad SAW bersabda: "(Inti) ibadah haji adalah (wukuf di) Arafah” (HR Abu Daud). Dua syarat sahnya wukuf. Pertama, pelaksanaannya di Arafah. Kedua, pelaksananya adalah Muslim, berakal, dan berpakaian ihram.

Tawaf ifadhah

Usai wukuf, jamaah ke Masjidil Haram untuk tawaf—mengelilingi Ka’bah—tujuh kali putaran. Ka’bah berada di sisi kiri badan jamaah. Jamaah mesti suci dari hadas kecil dan besar. Putaran tawaf berlawanan dengan arah jarum jam.

Sa’i

Perjalanan tujuh kali dari bukit Shafa ke bukit Marwa. Dari Shafa ke Marwa dihitung satu kali, kemudian sebaliknya dihitung satu kali. Marwah menjadi titik terakhir.

Tahallul atau mencukur rambut

Larangan-larangan ihram yang sebelumnya tak boleh, menjadi halal (boleh)." Minimal mencukur tiga helai rambut.

Tertib, yakni berurutan

Sumber: Pusat Data Republika, Pengolah: Muhammad Hafil, Ilustrator:

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هٰٓاَنْتُمْ اُولَاۤءِ تُحِبُّوْنَهُمْ وَلَا يُحِبُّوْنَكُمْ وَتُؤْمِنُوْنَ بِالْكِتٰبِ كُلِّهٖۚ وَاِذَا لَقُوْكُمْ قَالُوْٓا اٰمَنَّاۖ وَاِذَا خَلَوْا عَضُّوْا عَلَيْكُمُ الْاَنَامِلَ مِنَ الْغَيْظِ ۗ قُلْ مُوْتُوْا بِغَيْظِكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Beginilah kamu! Kamu menyukai mereka, padahal mereka tidak menyukaimu, dan kamu beriman kepada semua kitab. Apabila mereka berjumpa kamu, mereka berkata, “Kami beriman,” dan apabila mereka menyendiri, mereka menggigit ujung jari karena marah dan benci kepadamu. Katakanlah, “Matilah kamu karena kemarahanmu itu!” Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala isi hati.

(QS. Ali 'Imran ayat 119)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement