Kamis 19 May 2022 16:30 WIB

Segala Perbuatan Tergantung Niatnya, Ini Penjelasannya

Sesungguhnya segala perbuatan itu bergantung pada niatnya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agung Sasongko
Takwa (ilustrasi).
Foto: alifmusic.net
Takwa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Katib Syuriyah PWNU DKI Jakarta, Taufik Damas mengutip hadits "Innamal a'malu binniyat" yang artinya sesungguhnya segala perbuatan itu bergantung pada niatnya. KH Taufik Damas mengatakan segala perintah Allah SWT melalui Nabi Muhamad adalah untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan pada diri seorang muslim. 

KH Taufik Damas pun menjelaskan tentang mengerjakan perintah dan takwa Allah SWT jelaskan dalam surat Ali Imran ayat 133.

Baca Juga

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa," kata dia kepada peserta bimbingan teknis (Bimtek) penyelenggara perjalanan ibadah haji (PPIH) Arab Saudi mengikuti shalat subuh berjamaah di Masjid Al-Mabrur Asrama Haji Pondok Gede, Kamis (19/5/2022).

KH Taufik Damas mengatakan, takwa begitu penting diperingatkan. Sehingga di dalam khutbah shalat Jumat pesan takwa ini selalu disampaikan dan menjadi salah satu rukun dalam khutbah Jumat. "Pada setiap hari Jumat ketika mendengarkan Khutbah khutbah Jumat pasti pesan ketakwaan itu disampaikan," katanya.

Ketakwaan menjadi tujuan akhir seorang muslimin menghadap Allah SWT.  Maka dari itu pesan takwa ini penting untul selalu dipetingatkan oleh sesama orang Islam. "Karena memang ketakwaan ini tujuan dari segala perintah dan larangan yang di dalam agama " katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement