Jumat 20 May 2022 20:15 WIB

Dilantik Jadi Presiden, Ramos-Horta Dorong Timor Leste Gabung ASEAN

Jose Ramos-Horta berharap pada akhirnya Timor Leste menjadi anggota ke-11 ASEAN

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta akan mengadvokasi Timor Leste untuk menjadi anggota ke-11 dari blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam dua tahun ke depan.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta akan mengadvokasi Timor Leste untuk menjadi anggota ke-11 dari blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam dua tahun ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, DILI - Jose Ramos-Horta dilantik sebagai Presiden Timor Leste pada Jumat (20/05/2022). Pada masa jabatannya, ia akan mengadvokasi Timor Leste untuk menjadi anggota ke-11 dari blok regional Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam dua tahun ke depan.

"Saya mengharapkan bahwa negara ini pada akhirnya menjadi anggota ke-11 ASEAN kurang lebih dalam dua tahun," kata Ramos-Horta dalam pidatonya dikutip laman ASEAN Post, Jumat.

Presiden baru berjanji untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan layanan kesehatan untuk ibu dan anak, dan mempromosikan dialog untuk memulihkan stabilitas politik.

"Hari ini lebih dari sebelumnya, kita harus menyadari sepenuhnya bahwa hanya dalam persatuan akan dapat mencapai tujuan pembangunan yang kita usulkan,” kata Ramos-Horta seperti dikutip laman Aljazirah, Jumat.

Dalam pidato luas yang disampaikan dalam empat bahasa, Ramos-Horta menyerukan persatuan nasional antara pihak-pihak yang bersaing yang memiliki hubungan yang kacau dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya akan memenuhi dengan loyalitas fungsi yang telah diinvestasikan dalam diri saya dan akan mendedikasikan semua energi dan pengetahuan saya untuk pertahanan dan konsolidasi kemerdekaan dan persatuan nasional," kata pemimpin berkacamata itu.

"Perdamaian hanya akan nyata dan abadi jika dicapai melalui dialog dan saling menghormati di mana tidak ada pihak yang merasa dipaksa dan dihina," ujarnya berbicara di depan kerumunan personel militer dan diplomatik.

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mohammad Mahfud termasuk di antara mereka yang menghadiri pelantikannya. Ramos-Horta mengalahkan petahana Francisco “Lu Olo” Guterres (sesama pejuang kemerdekaan) dalam pemilihan putaran kedua 19 April. Ramos-Horta menjadi perdana menteri pada 2006-2007 dan presiden 2007-2012. Ia dan Guterres telah saling menyalahkan selama bertahun-tahun kelumpuhan politik di Timor Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement