Jumat 20 May 2022 23:20 WIB

Ini Tugas Prioritas Presiden ke Penjabat Gubernur Papua Barat

Waterpauw mengajak masyarakat Papua Barat agar membantu pemerintah dan aparat.

Red: Teguh Firmansyah
Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengikuti upacara pelantikan penjabat gubernur di Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022).
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Pj. Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengikuti upacara pelantikan penjabat gubernur di Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw mengungkapkan Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan stabilitas politik, pemerintahan dan keamanan wilayah menjadi prioritas utama mengendalikan pemerintahan transisi di Papua Barat. Waterpauw mengatakan amanat Presiden Joko Widodo tersebut disampaikan melalui Mendagri Tito Karnavian pada acara pelantikan lima Pj Gubernur pada 12 Mei di Jakarta.

"Jadi tugas prioritas pertama saya, yaitu mendorong terciptanya stabilitas politik, kepastian berjalannya roda pemerintahan serta menjamin keamanan wilayah Papua Barat," kata Waterpauw di Manokwari, Jumat.

Baca Juga

Oleh karena itu, Waterpauw mengajak masyarakat Papua Barat agar membantu pemerintah dan aparat terkait dalam menciptakan stabilitas keamanan di tengah iklim politik menjelang Pemilu Serentak 2024.

Waterpauw juga menyebutkan tugas prioritas kedua di Papua Barat, terkait penanganan pandemi Covid-19 dengan dua cara pengendalian yaitu protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Meski kasus positif Covid-19 Papua Barat terpantau landai, tapi perlu menjadi atensi semua pihak terutama capaian vaksinasi di 13 daerah harus terkontrol dan ditingkatkan," ujarnya.

Kesempatan tersebut, Waterpauw juga menyampaikan terima kasihnya kepada mantan Gubernur Dominggus Mandacan dan Wakilnya Muhamad Lakotani yang telah mampu memimpin Papua Barat lewati puncak Pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement