Ahad 22 May 2022 10:27 WIB

Hari Ini, Surabaya Kembali Gelar Car Free Day di Jalan Tunjungan dan Darmo

Surabaya kembali gelar Car Free Day di Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo.

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
.
.

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyatakan kegiatan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) kembali digelar mulai Minggu (22/5/2022) pagi. Pelaksanannya berlangsung di dua titik. Yakni, Jalan Tunjungan dan Jalan Raya Darmo.

Kepala Bidang Penataan dan Pengawasan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Andhini Kusumawardani mengatakan, CFD sempat digelar malam hari saat Ramadan lalu. Namun usai Lebaran kali ini, CFD kembali digelar pada pagi hari.

"Pelaksanaan CFD akan kembali digelar pagi hari pukul 06.00 WIB-09.00 WIB, yakni pada pekan pertama hingga ketiga setiap bulan," kata Andhini di Surabaya, Sabtu (21/5/2022).

Lokasi CFD lainya akan dibuka secara bergiliran setiap bulan. Seperti kawasan Jemursari, Kempang Jepun, dan Kertajaya.

"Setiap pintu masuk di area CFD akan disiapkan aplikasi Peduli Lindungi dan masyarakat diharapkan tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan," katanya.

Berdasarkan hasil asesmen Satgas COVID-19, dalam pelaksanaan CFD terdapat pembatasan jumlah pengunjung. Untuk CFD di kawasan Jalan Darmo dibatasi untuk 1.000 orang. Sedangkan untuk CFD di kawasan Jalan Tunjungan dibatasi untuk 500 orang.

"Selain CFD yang kembali dilaksanakan pada pagi hari, kami juga berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan (DKUKMP) sehingga masyarakat bisa menikmati produk UMKM di sejumlah kawasan CFD," ujarnya.

Untuk CFD di kawasan Jalan Darmo, masyarakat bisa mengunjungi stan UMKM di sekitar Taman Bungkul Kota Surabaya. Selanjutnya untuk CFD di kawasan Jalan Tunjungan, stan UMKM bisa dikunjungi di Jalan Tanjung Anom dan Jalan Genteng Besar.

Pada pelaksanaan CFD, Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya, Koramil Wonokromo dan Koramil Tegalsari, serta kelurahan dan Kecamatan setempat. Pemkot juga akan mengerahkan personel Satpol PP Surabaya, BPBD Surabaya, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya serta DLH Surabaya untuk membantu pengamanan dan pengawasan protokol kesehatan.

"Kami berharap masyarakat juga bisa menjaga keamanan dan menerapkan protokol kesehatan, agar CFD dapat berlangsung dengan aman dan tertib," katanya.

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement