Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dua muslim

Keutamaan Membaca Al Quran Bagi Seorang Muslim Didunia dan Akhirat

Agama | Sunday, 22 May 2022, 08:59 WIB

Keutamaan Membaca Al Quran Bagi Seorang Muslim - Menjadi seorang muslim yang baik pastilah menjadi dambaan semua orang yang beragama islam. Dan salah satu jalan yang bisa ditempuh akan hal tersebut adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala dengan membaca kalamullah atau Al Quran.

Dan membaca Al Quran memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh ibadah yang lain.

Al Quran sendiri merupakan wahyu dari Allah Ta'ala yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad Shalallahu'alaihi wa sallam untuk seluruh alam sekaligus menjadi mukjizat Beliau Shalallahu'alaihi Wa Sallam.

Dan berikut ini ada beberapa keutamaan yang akan menjadi miliki orang yang membaca Al Quran.

5 Keutamaan Membaca Al Quran

1. Setiap Hurufnya Akan Dibalas dengan Pahala

Ketika kita membaca Al Quran dengan lancar dan benar dari sisi makhrojul huruf, tajwid dan dengan tartil maka setiap hurufnya akan diganjar dengan 1 kabaikan/pahala.

Sedangkan untuk orang yang membaca dengan terbata bata, baginya ada 2 pahala yang akan didapatkan sekaligus.

Yakni pahala membaca Al Quran dan pahala belajar membaca Al Quran.

Sungguh hal ini tidak terdapat didalam ibadah ibadah yang lainnya.

Dan bagi orang yang mendengar atau menyimak bacaan Al Quran juga akan kecipratan pahala, yakni pahala menyimak Al Quran adalah sama dengan orang yang membaca.

Namun bagaimana jika mendengar melalui media ? seperti contoh mendengarkan murottal yasin mp3 atau video.

Dalam hal ini ulama berbeda pendapat dalam menyikapinya. Namun tetap dianjurkan untuk kita dengar dengan khusu' jika Al Quran itu dibacakan.

2. Balasan Yang Berlipat Ganda Walau Kita Tidak Meminta Kepada Allah

Dalam sebuah hadits yang sangat mashyur yakni hadits yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi disebutkan bahwasannya orang yang disibukan dengan membaca Al Quran sampai sampai tidak sempat berdzikir pada Allah maka keutamaan Al Quran itu lebih dari kalimat kalimat yang lain.

Oleh karena itu, barang siapa yang hari harinya disibukan dengan membaca Al Quran maka Allah Ta'ala akan mencukupkan apa yang dia butuhkan walaupun dia tidak meminta kepada Allah Ta'ala.

3. Ampunan Dosa Ketika Mengkhatamkan Al Quran

Lalu keutamaan lain dari membaca Al Quran sampai dengan selesai atau khatam adalah akan dimintakan ampun atas dosa dosanya oleh para malaikat yang berjumlah 60 ribu malaikat.

Hal tersebut tertuang dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Ad-Dailami, hadits ini sangat populer dikalangan para penuntut ilmu.

Dan hadits tersebut seharusnya menjadi cambuk penyemangat untuk setiap muslim agar memiliki target khatam membaca Al Quran dalam kehidupannya.

4. Al Quran Akan Menjadi Syafaat Bagi Pembacanya

Dalam sebuah hadits yang diriyatkan oleh Ahmad, disebutkan bahwasannya Rasulullah S.A.W bersabda yang inti dari sabdanya adalah Al Quran itu akan datang memberikan syafaat kepada orang yang membaca dan mengamalkan Al Quran selama masa hidupnya didunia.

Begitu agungnya pahala satu ini, sampai sampai para sahabat berlomba lomba dalam mengkhatamkan Al Quran.

Ada yang bisa khatam 1 hari sekali, 3 hari sekali dan seterusnya.

Syafaat merupakan hal yang akan sangat dibutuhkan kelak dihari pembalasan, yang mana pada hari itu tidak ada yang bisa memberikan pertolongan kecuali apa yang sudah diizinkan oleh Allah.

Dan salah satu hal yang bisa memberikan syafaat adalah dengan membaca Al Quran dan mengamalkannya.

5. Memuliakan Orang Tua Diakhirat

Kelak dihari berbangkit, akan ada orang yang memakai mahkota yang bersinar dikepalanya.

Dan itu adalah hadiah dari seorang anak kepada orang tuanya, anak tersebut semasa hidupnya miliki hafalan Al Quran atau seorang hafidz Al Quran.

Balasan bagi orang tua yang memiliki anak seperti itu akan sangat dimuliakan oleh Allah Ta'ala, karena mampu mendidik anak mereka dengan akhlak Al Quran.

Keutamaan ini tentu sangat diinginkan orang tua manapun.

Oleh karena itu memperhatikan pergaulan dan pendidikan anak sangat sangat menjadi perhatian besar kedua orang tua jika ingin anaknya menjadi sebab syafaat di akhirat kelak.

Nah, itulah tadi beberapa keutamaan dari Al Quran bagi orang orang yang istiqomah mengamalkannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image