Ahad 22 May 2022 21:23 WIB

Dishub Jabar: Kecelakaan Maut Bus di Ciamis Libatkan 8 Kendaraan

Dishub Jabar masih melakukan penyelidikan musibah yang merenggut nyawa 4 orang itu

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
 Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, meninjau TKP bus pariwisata kecelakaan di Kecematan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Ahad (22/5/2022)
Foto: istimewa
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, meninjau TKP bus pariwisata kecelakaan di Kecematan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Ahad (22/5/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Raya Panjalu – Panumbangan, Dusun Paripurna RT 20/Rw 07 Desa Payungsari Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis, Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 17.30 WIB. Kecelakaan maut Bus PO Pandawa DK-7307-WA tersebut, menyebabkan 4 orang meninggal dunia dan 15 orang luka.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Jabar, Koswara, saat ini pihaknya melakukan investigasi lebih lanjut terkait kecelakaan. "Investigasi intensif masih dilakukan," ujar Koswara, Ahad (22/5).

Baca Juga

Koswara meminta, agar pihak pengusaha angkutan maupun awak kendaraan yang bertugas dapat memastikan kondisi serta kalaikan kendaraan. Selain itu stamina atau fisik pengemudi juga harus diperhatikan, karena keselamatan adalah hal yang utama dalam berkendara.  

"Kami beserta Segenap Keluarga Besar Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah kecelakaan Bus PO Pandawa DK-7307-WA," paparnya.

Koswara menjelaskan, pada kecelakaan maut tersebut terdapat 8 kendaraan yang terlibat. Yakni, Kendaraan Hino Bus PO Pandawa Nomor Registrasi DK-7307-WA, Kendaraan Mitsubishi Fuso Microbus Nomor Registrasi D-7838-AN,Kendaraan Suzuki Karimun Nomor Registrasi Z-1721-MP, Kendaraan Suzuki Carry Futura Box Nomor Registrasi E-8851-VK dan 4 Sepeda Motor.

Kronologis Kecelakaan lalu lintas itu, kata dia, berawal dari Kendaraan Hino Bus PO Pandawa DK-7307-WA yang dikemudikan oleh saudara IPA YUDIN dengan membawa penumpang 47 Orang melaju dari arah Utara/Panjalu menuju arah Selatan/Panumbangan. Namun, bus hilang kendali ketika jalan menurun, lalu menabrak Kendaraan Mitsubishi Fuso Microbus D-7838-AN yang sedang parkir dipinggir jalan sebelah kiri. Kemudian menabrak juga, kendaraan Suzuki Karimun  Z-1721-MP yang berada searah didepannya.

Tidak berhenti disana, kata dia, Kendaraan Hino Bus PO Pandawa juga diduga oleng ke kanan jalan dan bertabrakan dengan Kendaraan Suzuki Carry Futura Box E-8851-VK  dan 2 sepeda motor lainya. "Selain itu, kendaraan Hino Bus PO Pandawa juga menabrak 4 Rumah beserta 2 sepeda motor yang sedang terparkir," katanya.

Hingga saat ini, kata dia, diinformasikan terdapat 4 Orang korban meninggal dunia, yakni, Sri Mulyani,  Omah, Enok, dan Very. Sementara untuk korban luka-luka sebanyak 15 orang dibawa ke Puskesmas Panjalu,  Puskemsas Payungsari dan RSUD Kawali. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَصْبَحَ الَّذِيْنَ تَمَنَّوْا مَكَانَهٗ بِالْاَمْسِ يَقُوْلُوْنَ وَيْكَاَنَّ اللّٰهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُۚ لَوْلَآ اَنْ مَّنَّ اللّٰهُ عَلَيْنَا لَخَسَفَ بِنَا ۗوَيْكَاَنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الْكٰفِرُوْنَ ࣖ
Dan orang-orang yang kemarin mengangan-angankan kedudukannya (Karun) itu berkata, “Aduhai, benarlah kiranya Allah yang melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya). Sekiranya Allah tidak melimpahkan karunia-Nya pada kita, tentu Dia telah membenamkan kita pula. Aduhai, benarlah kiranya tidak akan beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah).”

(QS. Al-Qasas ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement