Prodi Matematika UMM Gencarkan Mahasiswa Lulus Tujuh Semester

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Prodi Matematika UMM Gencarkan Mahasiswa Lulus Tujuh Semester (ilustrasi).
Prodi Matematika UMM Gencarkan Mahasiswa Lulus Tujuh Semester (ilustrasi). | Foto: Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Program Studi (Prodi) Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tengah menggencarkan mahasiswa untuk lulus dalam tujuh semester. Hal ini diungkapkan Ketua Prodi Pendidikan Matematika UMM, Adi Slamet Kusumawardana seusai prodinya mendapatkan akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Menurut Adi, proses mencapai akreditasi unggul sudah dipersiapkan sejak 2018 lalu. Saat itu pihaknya berhasil mendapatkan akreditasi A. Kemudian mempertahankan dan mempersiapkan proses akreditasi selanjutnya melalui revitalisasi kurikulum bagi mahasiswa.

"Dengan begitu, Prodi Matematika UMM mampu melahirkan para pendidik yang profesional serta dapat menyelesaikan studi tepat waktu," ucapnya.

Menurut Adi, kurikulum prodinya dirancang untuk mendorong mahasiswa bisa selesai dalam tujuh semester. Kemudian hal ini juga ditunjang dengan program-program prodi yang mempercepatnya. Dalam hal ini, baik di dalam akademik maupun nonakademik, seperti program Karya Ilmiah Setara Skripsi (KISS).

Baca Juga

Program KISS memberi kesempatan mahasiswa untuk mulai mengerjakan karya ilmiah sejak semester 3. Hal ini ditargetkn agar mahasiswa pada semester 7 sudah bisa melakukan publikasi artikel. Publikasi ini kemudian dikonversi menjadi nilai skripsi.

Menurut Adi, program tersebut sudah diberlakukan sejak 2018 lalu hingga saat ini. Sejauh ini, kata dia, sudah ada lebih dari 50 mahasiswa lulus lewat jalur ini dan hanya dalam waktu tujuh semester.

Sejalan dengan capaian akreditasi unggul yang diraih Prodi Pendidikan Matematika, Adi berharap sivitas akademika semakin bersemangat untuk memberikan layanan dan berkarya dengan lebih baik. Ia juga terus memberikan dorongan agar Prodi Matematika bisa lebih percaya diri serta termotivasi untuk mencapai akreditasi internasional. Begitupun dengan mahasiswa dan para alumni yang didorong untuk berkiprah di tingkat yang lebih tinggi. 

"Tentu kami ingin agar para lulusan prodi Matematika Kampus Putih dapat menjadi SDM yang berkompeten. Saya juga ingin agar prodi kami ini semakin dikenal sebagai prodi unggul, berkualitas dan menjadi tujuan para calon mahasiswa untuk melanjutkan studi. Apalagi dengan rencana besar akreditasi internasional yang sudah dicanangkan,” kata dia menegaskan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Alumnus UMM Bagi Kiat Sukses Meniti Karier di Kuwait 

Prodi Akuntansi UMM Raih Akreditasi Unggul

Rektor UMM: Perguruan Tinggi harus Adaptif dan Atraktif

Prodi Hubungan Internasional UMM Targetkan Akreditasi Internasional

Prodi Magister Agribisnis UMM Raih Akreditasi Unggul

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark