Selasa 24 May 2022 08:20 WIB

Ilham Habibie Mundur dari Bank Muamalat

Ilham Habibie menjabat posisi Komut dan Komisaris Independen di Muamalat Sejak 2018.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Putra pertama B.J Habibie, Ilham Akbar Habibie, mundur dari posisinya sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen Bank Muamalat.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Putra pertama B.J Habibie, Ilham Akbar Habibie, mundur dari posisinya sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen Bank Muamalat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisaris Utama dan Komisaris Independen Bank Muamalat, Ilham Akbar Habibie telah mengajukan surat pengunduran dirinya dari posisi tersebut. Sekretaris Perusahaan Bank Muamalat, Hayunaji mengatakan pengesahan pengunduran diri ini akan diagendakan dalam RUPS terdekat.

"Pengunduran diri tersebut disebabkan karena telah tuntasnya proses penguatan modal dengan masuknya BPKH sebagai pemegang saham pengendali Bank Muamalat," katanya, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga

Pengunduran diri tersebut juga merupakan bagian dari perubahan kepemilikan yang terjadi di Bank Muamalat. Dengan masuknya pemegang saham pengendali baru, Hayunaji mengatakan pemegang tongkat estafet sebagai komisaris utama akan diserahkan kepada BPKH untuk menentukannya.

Bank Muamalat telah diakuisisi oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang kini menempatkan dua pengurusnya sebagai komisaris yakni Juni Supriyanto dan Sulistyo Budi. Keduanya masih menjalani proses Penilaian Kemampuan dan Kepatuhan dari Otoritas Jasa Keuangan setelah ditetapkan dalam RUPSLB 28 Februari 2022 lalu.

"Kami juga berterima kasih atas segala kontribusi yang telah diberikan oleh Ilham selama menjabat di Bank Muamalat," katanya.

Ilham Akbar Habibie telah menjabat posisi Komisaris Utama dan Komisaris Independen Bank Muamalat Indonesia sejak penunjukannya berdasarkan hasil RUPS Tahunan tanggal 28 Juni 2018 dan mendapatkan keputusan efektif dari OJK tanggal 26 Maret 2019. Ia sempat memimpin Alfalah yang semula akan menyuntikan dana ke Bank Muamalat.

Saat ini, susunan Dewan Komisari Bank Muamalat meliputi Ilham A Habibie sebagai Komisaris Utama/Komisaris Independen, Sulistyo Budi sebagai Wakil Komisaris Utama, Iggi H Achsien sebagai Komisaris Independen, Edy Setiadi sebagai Komisaris Independen, Juni Supriyanto dan Andre Mirza Hartawan sebagai Komisaris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement