Selasa 24 May 2022 21:31 WIB

Mobil Apa yang Bakal Dipakai Perdana Menteri Australia Baru?

Saat ini Perdana Menteri Australia menggunakan BMW 7 Series sebagai kendaraan dinas.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
BMW i7.
Foto: arenaev
BMW i7.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Dalam beberapa tahun kedepan, Pemerintah Australia akan melakukan peremajaan kendaraan dinas perdana menteri. Kemungkinan, nantinya Perdana Menteri Australia akan menggunakan mobil listrik atau electric vehicle (EV) sebagai kendaraan dinas.

Dikutip dari Drive pada Selasa (24/5/2022), saat ini Perdana Menteri Australia menggunakan BMW 7 Series sebagai kendaraan dinas. Hal inilah yang membuat peluang penggunaan EV sebagai kendaraan dinas jadi terbuka lebar.

Baca Juga

Mengingat, salah satu EV yang dihadirkan oleh BMW pada tahap ini adalah BMW 7 Series dengan nama BMW i7. Artinya, jika nantinya Pemerintah Australia kembali mempercayakan mobil dinas Perdana Menteri kepada BMW, maka kemungkinan besar BMW i7 lah yang akan jadi pendamping perjalanan dinas Perdana Menteri.

Secara historis, Pemerintah Australia sempat menggunakan mobil dari Ford dan Holden sebagai kendaraan dinas perdana menteri. Kedua mobil itu dipilih oleh Pemerintah Australia sejak 1910.

Hingga kemudian, peranan Ford dan Holden digantikan oleh BMW. Penggantian itu dilakukan pada 2014 dan langsung menjatuhkan pilhan pada BMW 7 Series karena dianggap mumpuni dan dibekali sejumlah fitur keamanan terbaik.

Selain Australia, Selandia Baru juga mempercayakan mobil tersebut sebagai kendaraan dinas perdana menteri. Tapi, demi dapat menggelorakan penggunaan EV, Perdana Menteri Selanida Baru yang bernama Jacinda Ardern memutuskan untuk mengganti kendaraan dinasnya dengan mobil listrik.

Alhasil, BMW 7 Series diesel yang tadinya ia gunakan pun diganti dengan Hyundai Ioniq Electric demi dapat membuktikan bahwa EV merupakan sebuah kendaraan yang tangguh dan fungsional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement