Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Doni Bastian

10 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Eduaksi | Tuesday, 24 May 2022, 20:10 WIB

Dalam proses penggunaan laptop, Anda tentu akan selalu berusaha untuk berhati-hati dan menjaganya agar selalu baru dan digunakan selama mungkin. Namun, nyatanya masih banyak hal yang belum anda ketahui. Jadi mari kita temukan bersama artikel ini untuk mendapatkan saran tentang cara dan tips untuk membantu laptop Anda tetap awet dan cantik sepanjang waktu.

1. Tempatkan kain tipis yang memisahkan keyboard dan layar

Setiap kali layar laptop terlipat, secara tidak sengaja akan menyebabkan layar bergesekan langsung dengan permukaan keyboard yang cekung tidak rata, serta menyebabkan keyboard terjepit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyimpan kain tipis atau penutup keyboard untuk memisahkan kedua bagian ini saat membeli laptop.

Atau cari kain tipis lainnya, silikon pelindung keyboard, untuk menutupi sebelum melipat perangkat. Ini juga membantu membatasi debu yang menempel pada slot pada keyboard dan tidak meninggalkan bekas keyboard di layar.

2. Bersihkan laptop secara teratur

Di udara, selalu ada partikel kecil debu yang tersuspensi dan dapat menempel pada benda apapun. Jadi sering atau tidak Anda menggunakannya, Anda juga harus merawat laptop Anda.

Anda bisa menggunakan kain microfiber untuk membersihkan layar komputer karena ini adalah kain khusus pembersih kaca yang tidak menempel pada serat yang menyebabkan goresan pada layar. Selain itu, gunakan sikat untuk membersihkan debu pada keyboard, dan gunakan kain lembab untuk membersihkan casing laptop.

3. Jangan taruh apapun di atas laptop

Entah itu benda berat atau ringan, bisa tergores dan tergores laptop Anda. Lebih berbahaya lagi jika meletakkan buku, notebook atau benda berat lainnya di permukaan laptop, akan menimbulkan tekanan untuk menenggelamkan chasis, layar ditekan pada keyboard, menyebabkan layar tersentuh, muncul bayangan hitam. Apalagi meletakkan benda di atas keyboard tanpa memperhatikan lipatan perangkat, ada risiko layar pecah, merusak keyboard.

4. Gunakan tas tahan guncangan untuk laptop khusus

Seperti namanya, tas jenis ini memiliki fungsi untuk melindungi laptop dari benturan ringan saat bergerak. Jadi, harap dicatat bahwa Anda harus meletakkan laptop Anda di tas tahan guncangan atau ransel dengan kompartemen tahan guncangannya sendiri yang dilapisi busa tebal, dengan hati-hati membulatkan sudut untuk laptop saat Anda perlu membawanya ke suatu tempat.

5. Jangan gunakan, letakkan laptop di tempat tidur

Banyak orang memiliki kebiasaan meletakkan laptop mereka di tempat tidur untuk menonton film, bekerja, ... tetapi tidak tahu bahwa ini akan menyebabkan perangkat cepat panas dan mengurangi kecepatan pemrosesan.

Alasannya karena bantal empuk atau bantal sofa di bawahnya akan memiliki karet yang menutupi lubang ventilasi di bagian bawah laptop, udara panas tidak akan terdorong keluar untuk mengatur suhu. Jadi perlu diketahui saat menggunakan, letakkan laptop di tempat dengan permukaan yang keras.

6. Jangan biarkan komputer terkena sinar matahari langsung

Sinar matahari dianggap sebagai intisari dari sebagian besar barang teknologi elektronik, terutama laptop. Seperti yang Anda ketahui, ketika matahari bersinar langsung, warna casing akan sangat mudah kehilangan cat, terutama jika warnanya lebih cerah, lebih cepat menjadi perak, selain itu, jika casing terbuat dari plastik, akan juga menjadi mudah.plastik rapuh dan sangat mempengaruhi latar belakang layar.

Dengan begitu, jangan dikira laptop berbahan logam monolitik bisa dibiarkan di bawah terik matahari. Logam merupakan penyerap panas yang sangat cepat, sehingga jika perangkat memanas secara tiba-tiba, akan sangat berbahaya bagi baterai dan prosesor di dalamnya.

7. Buka layar dengan benar

Sebagian besar produsen laptop menyarankan saat membuka layar laptop, Anda tidak boleh menekuknya lebih dari 120 derajat (kecuali untuk laptop yang dilipat 360 derajat atau dibongkar) karena dapat retak atau pecah, lebih buruk daripada engsel layar yang rusak. Rentang sudut aman yang direkomendasikan untuk Anda adalah antara 90 dan hingga 120 derajat.

8. Gunakan mouse dan keyboard dengan benar

Ini adalah bagian penting yang membantu Anda mengoperasikan langsung di laptop, jadi Anda harus mencatat bahwa Anda harus menggunakannya dengan benar agar komputer tetap beroperasi dengan stabil dan menghindari malfungsi.

Ingatlah bahwa Anda tidak boleh menekan tangan atau meletakkan apa pun di keyboard karena dapat menyebabkan tombol lumpuh, tombol melompat ke fungsi yang membingungkan. Selain itu, saat tangan Anda basah, Anda juga harus mengeringkannya sebelum menggunakan mouse dan keyboard untuk menghindari tetesan air dan menyebabkan kesalahan.

9. Gunakan dan pertahankan baterai laptop secara efektif

Daya tahan baterai adalah salah satu faktor yang membuat Anda bertanya-tanya karena setelah lama digunakan, baterai akan mudah berkurang kapasitasnya.

Jadi memahami catatan tentang cara memasang pengisi daya laptop dengan benar saat mengisi daya, cara mengisi daya dan menghemat baterai akan membantu Anda untuk menggunakan laptop dalam waktu lama dan tetap mempertahankan kinerja pemrosesan yang tinggi.

10. Hindari meninggalkan laptop di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin

Berkat sistem pendingin, laptop selalu terjaga pada suhu yang stabil. Jadi yang harus diperhatikan untuk menjaga laptop pada suhu tersebut, jangan meletakkannya di tempat yang terlalu panas seperti di dekat kompor, pemanas, ... karena dapat menyebabkan mesin panas secara tiba-tiba.

Komponen internal akan membuat program gagal dan baterai dapat meledak. Jika Anda meletakkan laptop di tempat yang terlalu dingin, dapat merusak baterai, merusak hard drive mesin, atau membuat tampilan layar tidak akurat, bahkan merusak layar.

Sumber Referensi ; Laptop bisnis terbaik

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image