Rabu 25 May 2022 13:44 WIB

Mahfud MD: Kita Bangun Indonesia dari Pinggiran

Dengan membangun daerah pinggiran akan mempersempit kesenjangan antara kota dan desa.

Red: Teguh Firmansyah
Menko Polhukam Mahfud MD.
Foto: Dok Kemenko Polhukam
Menko Polhukam Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen memperkuat pembangunan Indonesia dari pinggiran. Hal itu untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di berbagai daerah.

"Sesuai amanat presiden, kita membangun Indonesia dari pinggiran, dari desa-desa dan pulau-pulau terluar sehingga pemerataan pembangunan secara pelan tapi pasti akan terwujud. Sekurang-kurangnya mempersempit kesenjangan antara perkotaan dan perdesaan," ujar Mahfud MD dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu.

Baca Juga

Saat menyambangi Pulau Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Selasa (24/5), Mahfud mengelilingi pulau menggunakan sepeda motor untuk mengecek beberapa fasilitas publik, sekaligus meninjau lahan rencana pembangunan Rumah Sehat Baznas Miangas. Kehadiran Mahfud di pulau terluar bagian utara Indonesia inididampingi Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP)Tito Karnavian."Kita akan terus menjaga pulau terluar inisesuai amanat konstitusi dan amanat presiden," ujar Mahfud.

Pemerintah memiliki komitmen kuat menjaga kedaulatan negara dan menjaga kewibawaan Indonesia sebagai negara merdeka."Menjaga amanat konstitusi, yaitu menjaga kedaulatandi mana kita bisa menentukan segalanya terutama kedaulatan hukum, kita menegakkan kewibawaansebagai negara yang merdeka," tambah Ketua Pengarah BNPP ini.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri akan menindaklanjuti berbagai usulan dan masukan masyarakat dalam rangka memperkuat pembangunan wilayah perbatasan."Beberapa usulan dan masukan seperti peningkatan prasarana pendidikan, perikanan, dan lain-lain akan kita 'follow-up' berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga yang ada di pusat. Kita berharap dengan kebersamaan dan gotong royong, maka Pulau Miangas ini akan lebih hidup lagi," kata Tito.

Dalam kesempatan inidilakukan penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat perbatasan, Penandatanganan Prasasti Program Kegiatan 2021, Penandatanganan MOU antara Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud tentang Program Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Sehat Baznas Miangas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement