Kamis 26 May 2022 19:27 WIB

Sandiaga Uno Ingin Topeng Dalang Sumenep Go Internasional

Untuk pemasaran produk, Sandiaga juga menekankan pentingnya kolaborasi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menghadiri workshop Kabupaten-Kota (KaTa) Kreatif di Sumenep, Jawa Timur. Pada kesempatan itu Sandiaga menyampaikan keinginan agar hasil kriya Topeng Dalang Sumenep bisa go internasional.

Hal itu disampaikan setelah Sairun (52), salah satu peserta workshop, saat memperlihatkan hasil kriya Topeng Dalam Sumenep miliknya ke Sandiaga. Sairun juga meminta bantuan pengadaan sanggar lantaran aktif pula sebagai seniman Tari Topeng Dalang Sumenep.

Baca Juga

"Ternyata solusinya ada di depan mata kita, yaitu kolaborasi. Tadi HIPMI menyediakan sanggarnya jadi tidak perlu pakai lama, tidak perlu pakai anggaran pemerintah, sanggarnya bisa dihadirkan di sini," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (26/5/2022).

Soal pemasaran produk, Sandiaga juga menekankan pentingnya kolaborasi. Yakni lewat pemerintah kabupaten maupun pemerintah pusat.

"Sehingga nanti topeng dan tarian dari Pak Sairun dan tim bisa juga bukan hanya go nasional tapi juga go internasional," kata Sandiaga.

Pada kesempatan itu, Sandiaga diajarkan Tarian Topeng Dalam Sumenep oleh Sairun. Menparekraf juga sempat ditantang melukis topeng buatan Sairun.

Adapun workshop KaTa Kreatif kali ini bertemakan "Menciptakan Strategi Bisnis yang Unik untuk Produk Otentik Agar Semakin Dilirik Demi Cuan yang Asyik".

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement