Kamis 26 May 2022 20:49 WIB

Cacar Monyet Bisa Berdampak Buruk ke Mata

Jika cacar monyet mencapai mata, maka bisa mengancam penglihatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cacar monyet bisa mengancam mata. (ilustrasi)
Foto: Pxfuel
Cacar monyet bisa mengancam mata. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 14 kasus monkeypox lebih lanjut dikonfirmasi di Inggris pada kemarin sehingga jumlah total kasus menjadi 71. Meskipun wabah secara historis dikaitkan dengan perjalanan dari daerah endemik di Afrika Barat, para peneliti masih tidak tahu apa yang mendorong lonjakan terbaru.

Ciri khas cacar monyet adalah ruam yang muncul di telapak tangan dan kaki. Menurut jurnal The Lancet, jika cacar mencapai mata, maka bisa mengancam penglihatan. Situs web Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menawarkan gambaran rinci tentang gejala cacar monyet, memetakan di mana tanda-tanda tubuh paling mungkin terjadi.

Baca Juga

Menurut badan kesehatan, masa inkubasi cacar monyet berkisar antara nol hingga lima hari. Pada tahap awal, pasien biasanya datang dengan gejala seperti flu, sehingga sulit untuk membedakan dari penyakit virus lainnya. Gejala-gejala ini termasuk demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), sakit punggung, mialgia (nyeri otot), dan asthenia yang intens (kekurangan energi).

Ada kepercayaan luas di kalangan komunitas ilmiah bahwa erupsi kulit yang menjadi ciri cacar monyet adalah ciri yang paling khas. "Pada sekitar 20 persen kasus, ruam menyebar ke jaringan ikat mata, yang dikenal sebagai konjungtiva," menurut WHO seperti dilansir di laman Express, Kamis (26/5/2022).

Namun, ketika wabah menyebar ke jaringan tetangga di dalam tubuh, komplikasi lebih lanjut dapat terjadi. "Komplikasi cacar monyet dapat mencakup pneumonitis, ensefalitis, keratitis yang mengancam penglihatan, dan infeksi bakteri sekunder," kata Lancet.

Keratitis dari cacar monyet terjadi ketika ruam mencapai kornea, lapisan pertama pertahanan mata, dan menyebabkannya meradang. Pada tahap awal, ini dapat menyebabkan penglihatan kabur atau meningkatkan kepekaan terhadap cahaya, tapi gejalanya dapat berkembang dengan cepat.

Rasa sakit dan kemerahan mungkin merupakan indikator utama dari infeksi lanjutan, dan dalam beberapa kasus, mata yang terkena mungkin membengkak hingga tertutup. Sensasi sesuatu yang berpasir di dalam mata dapat menyebabkannya terbakar, menangis, atau mengeluarkan cairan kuning-hijau.

“Meskipun kasus cacar monyet di Inggris sedang meningkat, itu adalah penyakit langka dan kebanyakan orang yang tertular virus biasanya hanya menderita gejala ringan yang berlangsung sekitar dua minggu," ujar pengawas apoteker di FROM MARS, Navin Khosla.

Ia mengingatkan untuk menjauh dari hewan mati yang mungkin Anda temui, apakah itu di jalan atau hutan lokal dan menjauh dari hewan yang tampak tidak sehat. Berkenaan dengan penularan manusia, saran dari para ahli adalah untuk menahan diri dari berbagi tempat tidur, handuk atau barang-barang lainnya dengan individu yang tidak sehat.

“Selain semua tindakan pencegahan ini, penting untuk mencuci tangan secara teratur dan menggunakan pembersih tangan sesering mungkin serta hanya makan daging yang telah dimasak hingga matang,” kata Mr Khosla.

Baca juga : Cacar Monyet Vs Covid-19, Mana yang Lebih Berbahaya?

Jika menduga diri Anda menderita cacar monyet maka sangat penting untuk mengisolasi dan menelepon dokter. Anda perlu menjelaskan gejala yang dirasakan. Mereka akan memberi tahu langkah selanjutnya dan apa yang Anda butuhkan untuk mencegah penularan virus ke orang lain.

Panduan terbaru dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris menyarankan siapa pun yang memiliki kontak langsung tanpa pelindung dengan penderita cacar monyet yang bergejala untuk mengisolasi diri selama 21 hari dan bekerja dari rumah. Ini berlaku untuk siapa saja yang pernah melakukan kontak seksual atau kontak rumah tangga dengan kasus monkeypox.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ الَّذِيْنَ اسْتُضْعِفُوْا لِلَّذِيْنَ اسْتَكْبَرُوْا بَلْ مَكْرُ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ اِذْ تَأْمُرُوْنَنَآ اَنْ نَّكْفُرَ بِاللّٰهِ وَنَجْعَلَ لَهٗٓ اَنْدَادًا ۗوَاَسَرُّوا النَّدَامَةَ لَمَّا رَاَوُا الْعَذَابَۗ وَجَعَلْنَا الْاَغْلٰلَ فِيْٓ اَعْنَاقِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ هَلْ يُجْزَوْنَ اِلَّا مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ
Dan orang-orang yang dianggap lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri, “(Tidak!) Sebenarnya tipu daya(mu) pada waktu malam dan siang (yang menghalangi kami), ketika kamu menyeru kami agar kami kafir kepada Allah dan menjadikan sekutu-sekutu bagi-Nya.” Mereka menyatakan penyesalan ketika mereka melihat azab. Dan Kami pasangkan belenggu di leher orang-orang yang kafir. Mereka tidak dibalas melainkan sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.

(QS. Saba' ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement