Jumat 27 May 2022 06:19 WIB

Shin Tae-yong Harapkan Proses Naturalisasi Tiga Pemain Timnas Baru Cepat Selesai

PSSI tengah mengurus naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

Red: Israr Itah
Sandy Walsh, pemain keturunan Indonesia yang tengah menjalani proses naturalisasi.
Foto: DOK PSSI
Sandy Walsh, pemain keturunan Indonesia yang tengah menjalani proses naturalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Shin Tae-yong menegaskan bahwa para pemain naturalisasi baru sudah masuk dalam rencana utama untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung 8-14 Juni 2022 di Kuwait. Untuk itu, ia berharap proses naturaisasi mereka segera rampung.

"Mereka ada dalam plan A saya. Saya minta tolong kepada pemerintah untuk mempercepat naturalisasi mereka," ujar Shin di Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyatakan bahwa dia telah menyampaikan programnya terkait pemain naturalisasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Shin pun mengaku telah melontarkan secara langsung harapannya agar naturalisasi tiga pesepak bola yaitu Sandy Walsh (warga negara Belanda), Jordi Amat (Spanyol), dan Shayne Pattynama (Belanda) dapat tuntas supaya dapat didaftarkan untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Menpora dan Ketua Umum PSSI mengatakan bahwa mereka membantu agar naturalisasi itu dipercepat," kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama merupakan pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah. Sandy dan Jordi sudah menuntaskan beberapa agenda naturalisasi di Jakarta pekan lalu seperti mengurus beberapa hal kedutaan besar negara asal mereka di Indonesia, melakukan tes kesehatan dan mengikuti wawancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara. Sementara Shayne Pattynama dijadwalkan tiba di Indonesia pada pekan ini.

Meski masuk dalam rencana A, Shin Tae-yong menekankan bahwa dia tetap siap dengan kemungkinan lain, yaitu tidak bisa membawa pemain naturalisasi tersebut ke Kualifikasi Piala Asia 2023. "Andai mereka tidak bergabung ke tim, kami tetap menyiapkan skuad dengan maksimal," tutur Shin.

Di Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia berada di Grup A bersama Kuwait Yordania dan Nepal.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement