Jumat 27 May 2022 15:00 WIB

Polisi, ASN, Hingga Nakes Lolos Tes Tertulis Seleksi Anggota Komnas HAM 

50 peserta yang lolos tes selesksi itu berasal dari beragam profesi. 

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Periode 2022-2027, Makarim Wibisono.
Foto: Dok Komnas HAM
Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Periode 2022-2027, Makarim Wibisono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Komnas HAM RI 2022-2027 mengumumkan bahwa 50 orang berhasil lolos tes tertulis objektif dan penulisan makalah. Mereka berasal dari beragam profesi, mulai dari polisi, aktivis, ASN, hingga tenaga kesehatan (nakes). 

Ketua Pansel Anggota Komnas HAM, Prof Makarim Wibisono mengatakan, pihaknya melaksanakan tahapan seleksi tertulis ini pada 13 Mei 2022 secara daring melalui aplikasi Portal Asesmen Terpadu (Poster) Kementerian Sekretariat Negara. Tes ini diikuti oleh 96 peserta yang sebelumnya lolos seleksi administrasi. 

"Berdasarkan penilaian terhadap hasil tes tertulis, termasuk penilaian makalah oleh pembaca independen, Panitia Seleksi telah memeriksa dan memutuskan 50 orang pendaftar Calon Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 yang lolos seleksi tes tertulis," kata Makarim dalam siaran persnya, Jumat (27/5). 

Makarim mengatakan, 50 peserta yang lolos berasal dari beragam profesi. Sebanyak 15 orang di antaranya merupakan aktivis, lalu 10 orang merupakan advokat, dan tujuh orang akademisi. Selanjutnya ada empat orang petahana anggota Komnas HAM, lima pekerja swasta, dua jurnalis, dua ASN, dua pensiunan PNS, satu eks Komisioner KPU, satu tenaga kesehatan, dan satu anggota Polri. 

Selain dari berbagai macam latar belakang profesi, peserta yang lolos juga berasal dari berbagai daerah. Paling banyak dari DKI Jakarta dan Jawa Barat, lalu diikuti dari Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur. 

Dari segi gender, kata Makarim, terdapat sembilan peserta perempuan yang lolos atau 18 persen dari total jumlah peserta yang lolos. Adapun dari segi umur, peserta yang lolos berusia antara usia 40 tahun hingga 64 tahun. 

Makarim mengatakan, 50 peserta yang lolos ini selanjutnya akan mengikuti tahapan Dialog Publik. Tahapan ini dijadwalkan pada 8-9 Juni 2022 dengan metode tatap muka (luring) di Jakarta. Teknis pelaksanaan tes tersebut akan diberitahukan lebih lanjut melalui akun pendaftar dan website Komnas HAM. 

"Setelah pelaksanaan Dialog Publiik, peserta selanjutnya mengikuti tahapan Psikotes, Tes Kesehatan, dan Wawancara," ujarnya. Pelaksanaan semua tahapan tes tersebut, imbuh Makarim, berlangsung dan difinalisasi sebelum masa jabatan Anggota Komnas HAM RI sekarang berakhir pada November 2022.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement