Selasa 31 May 2022 00:35 WIB

Konsumsi Protein Whey Sebelum Makan Bantu Pengidap Diabetes Kelola Gula Darah

Mengonsumsi protein whey dapat bantu kelola gula darah pengidap diabetes.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk protein whey (ilustrasi). Minuman protein whey dapat memperlambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah.
Foto: Flickr
Bubuk protein whey (ilustrasi). Minuman protein whey dapat memperlambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi minuman protein whey sebelum makan dapat membantu para pengidap diabetes mengontrol kadar gula darah. Para ahli meyakini dampak tersebut dipengaruhi oleh dua hal.

Salah satu di antaranya adalah minuman protein whey dapat memperlambat proses pencernaan makanan di dalam tubuh, sehingga tidak memicu lonjakan kadar gula darah. Selain itu, minuman ini juga diyakini dapat menstimulasi hormon untuk mencegah kadar gula darah meningkat secara cepat.

Baca Juga

Manfaat minuman protein whey dalam membantu kontrol kadar gula darah penyandang diabetes ini diungkapkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Newcastle University. Studi ini melibatkan para penyandang diabetes tipe 2 sebagai partisipan.

Selama studi berlangsung, sebagian partisipan diminta untuk mengonsumsi minuman yang mengandung protein whey dalam dosis rendah sebelum menyantap makanan. Sebagian partisipan lain dikategorikan sebagai kelompok kontrol dan hanya mendapatkan minuman tanpa kandungan protein sebelum makan.

Para partisipan dipantau selama sepekan, di mana dalam kurun waktu tersebut mereka menjalani aktivitas seperti biasa. Selama studi berlangsung, para partisipan juga menjalani tes gula darah. Hasil tes para partisipan yang mengonsumsi minuman protein whey sebelum makan lalu dibandingkan dengan hasil tes para partisipan dalam kelompok kontrol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement