Sabtu 28 May 2022 12:00 WIB

Rally Khusus Wanita Digelar di Arab Saudi

Pebalap diuji ketangkasanya dalam melibas gurun dari Hail menuju Riyadh.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Salah satu ajang motorsport khusus wanita pertama di Arab Saudi, Rally Jameel, telah berlangsung di Kerajaan.
Foto: Twitter @SAMF_GOV
Salah satu ajang motorsport khusus wanita pertama di Arab Saudi, Rally Jameel, telah berlangsung di Kerajaan.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Tadinya, Saudi Arabia melarang peremuan mengemudikan mobil. Kini, regulasi itu telah dicabut.

Dikutip dari Cnet pada Jumat (27/5/2022), selain berksemepatan untuk mengemudi, kini para peremuan di negara itu juga memiliki kesempatan untuk menguji ketangkasan lewat ajang rally. Uji ketangkasan mengemudi itu diwadahi lewat ajang rally khusus wanita yang disebut dengan Rally Jameel.

Baca Juga

Ajang off-road navigation rally ini pun berhasil menyerap partisipasi dari 41 perempuan Arab Saudi. Lewat ajang ini, para pebalap diuji ketangkasanya dalam melibas gurun dari Hail menuju Riyadh.

Agar bisa menguji ketangguhan perempuan dengan optimal, maka ajang ini menempuh jarak lintasan sekitar 900 kilometer. Jarak itu harus dilalui oleh para partisipan selama tiga hari.

Dikutip dari The National News, salah satu pebalap perempuan dari Arab Saudi, Dania Akeel mengatakan, event ini diyakini bisa membuat perempuan jadi makin mahir mengemudi.

"Ajang ini memberikan sensasi berkendara yang sangat menantang. Ajang ini juga jadi indpirasi soal serunya berpetualang dalam beragam medan," kata pebelap yang juga terjun dalam Dakar Rally tersebut.

Ia mengaku, pertandingan ini perlu ditunjang oleh kemampuan fisik yang memadai. Oleh karena itu, pebalap perlu melakukan latihan fisik seperti latihan kardiovaskular atau yoga.

"Bagi saya sendiri, olahraga ini memberikan rasa petualangan yang memuaskan dan memungkinkan saya untuk memperluas pandangan saya tentang dunia dengan melintasi lanskap yang indah dan luas ini," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement