Ahad 29 May 2022 16:35 WIB

Situasi Beijing Pulih Bertahap Usai Lockdown

Warga Beijing masih diwajibkan melakukan tes PCR massal setiap hari.

Red: Ani Nursalikah
Petugas keamanan berjaga-jaga di depan pintu gerbang pusat grosir kacamata Panjiayuan, Beijing, China, Kamis (26/5/2022). Otoritas Ibu Kota menutup total semua pusat perbelanjaan, tempat hiburan, restoran, dan kafe sejak 1 Mei 2022 setelah ditemukan beberapa klaster baru COVID-19 varian Omicron.  Situasi Beijing Pulih Bertahap Usai Lockdown
Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie
Petugas keamanan berjaga-jaga di depan pintu gerbang pusat grosir kacamata Panjiayuan, Beijing, China, Kamis (26/5/2022). Otoritas Ibu Kota menutup total semua pusat perbelanjaan, tempat hiburan, restoran, dan kafe sejak 1 Mei 2022 setelah ditemukan beberapa klaster baru COVID-19 varian Omicron. Situasi Beijing Pulih Bertahap Usai Lockdown

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Situasi Kota Beijing, China mulai pulih secara bertahap setelah mengalami penguncian wilayah (lockdown) selama 37 hari terkait munculnya beberapa klaster baru Covid-19 varian Omicron, Ahad (29/5/2022).

Beberapa pusat keramaian belum sepenuhnya beroperasi meskipun otoritas Ibu Kota telah mengumumkan pelonggaran kontrol wilayah sejak Sabtu (28/5/2022). Sebagaimana pemantauan Antara Beijing pada Ahad, taman dan ruang terbuka, pusat penjualan jajanan, pasar grosir, dan toko-toko swalayan di Distrik Chaoyang terlihat masih tutup.

Baca Juga

Pintu gerbang stasiun kereta metro jalur 10 di Panjiayuan dan sekitarnya masih terkunci. Hanya beberapa halte bus di sekitar jalan lingkar 3 Beijing yang sudah beroperasi kembali.

Warga juga masih diwajibkan melakukan tes PCR massal setiap hari. Beberapa kawasan permukiman juga masih dijaga ketat oleh aparat dan orang-orang yang tidak memiliki kepentingan dilarang masuk.

Penutupan beberapa kawasan permukiman itu sempat memunculkan keributan antara warga dan aparat di Jalan Huawei Li Panjiayuan. Beberapa warga meminta aparat segera membuka blokade yang selama sebulan lebih dipasang di kompleks permukimannya.

Pada Jumat (27/5/2022) di Beijing hanya terdapat 23 kasus positif baru, sedangkan Sabtu (28/5/2022) hanya 12 kasus. Beijing berhasil mengendalikan Covid-19 setelah dalam enam hari berturut-turut terjadi penurunan kasus baru dan delapan distrik justru tidak ada kasus.

Pelonggaran kontrol wilayah di Beijing tersebut bersamaan dengan berakhirnya masa kunjungan Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCHR) ke China terkait dengan isu Xinjiang yang berakhir pada Sabtu (28/5/2022). Oleh sebab itu, lockdown di Beijing menimbulkan berbagai spekulasi karena dianggap politis, bahkan sempat terjadi aksi protes di salah satu kampus ternama di Ibu Kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement