Mahasiswa UMM Raih Juara Lomba Hafiz Nasional

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi

Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). | Foto: Humas UMM

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ahmad Muhyiddin Ramadhani berhasil menyabet juara dua dalam lomba Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) kategori Juz 30. Acara itu menjadi salah satu rangkaian Millenial Islamic Fair (MIF) 2022 yang diadakan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya, Palembang awal Mei lalu.

Jauh sebelum perlombaan, Ahmad, sapaan akrabnya sudah menyiapkan sederet dokumen yang diperlukan. Begitupun dengan peningkatan kualitas dan kuantitas hafalannya. Jam muraja’ah juga Ahmad tambah agar hafalannya bisa lebih baik dan tidak mudah lupa.

Selain itu, dia juga meminta doa restu dari orang tua. Hal ini karena dia percaya akan memudahkan dan melancarkan perjalanan lomba kali. "Pun dengan meminta saran serta motivasi dari teman dan para dosen,” ungkap mahasiswa kelahiran Tapak Tuan, Aceh tersebut dalam siaran pers yang diterima Republika, Ahad (29/5/2022).

Ahmad mengaku kontribusi UMM dalam kemenangannya cukup besar. Pihak kampus memberikan kemudahan dalam pengurusan berkas, memberi uang saku serta penghargaan atas capaian yang para mahasiswa raih termasuk Ahmad. UMM juga memberikan sumbangsih dengan mendampingi Ahmad dalam penyempurnaan hafalan yang dimilikinya.

Ia menilai, UMM memang selalu mendukung berbagai prestasi mahasiswa. Tidak hanya yang bersifat akademik tapi juga non-akademik.

Sebelumnya, Ahmad juga sudah memenangkan dua kejuaraan lain selama menjadi mahasiswa Kampus Putih. Pertama, Ahmad pernah meraih juara 1 MHQ Juz 30 FORISMA Fikes UMM 2019. Kemudian dia juga mendapat juara 3 Tahfidz Al Qur'an Juz 26-30 Tingkat Nasional Avicenna Medical Competition 2020.

Meskipun sanggup mengharumkan nama kampus, ia mengaku sedikit grogi karena banyak peserta yang ikut dan menjadi saingannya. Apalagi yang ikut tidak hanya dari Malang atau Jawa Timur tetapi berasal dari berbagai universitas seluruh Indonesia. 

Beruntungnya, Ahmad mengingat dan memegang teguh motivasi terbesarnya. Dia ingin membanggakan kedua orang tua saya. "Saya berharap upaya saya dalam memuliakan Alquran ini kelak bisa mengantarkan keduanya ke Surganya Allah SWT,” ungkapnya. 

Tak lupa, ia juga berpesan agar para mahasiswa lain untuk tidak takut bersaing di berbagai perlombaan. Jika memiliki bakat, ada baiknya untuk terus mengembangkannya hinga mahir dan mampu turut serta di perlambatan. Tidak perlu takut kalau karena akan ada saatnya bisa merasakan hasil dari usaha yang telah dilakukan.

Terkait


Laboratorium Sentral UMM Lakukan Standardisasi

Prodi Matematika UMM Gencarkan Mahasiswa Lulus Tujuh Semester

Alumnus UMM Bagi Kiat Sukses Meniti Karier di Kuwait 

FKIP UMM Bahas Solusi Pendidikan Merdeka Belajar di Era Society 5.0

Alumnus UMM Bagikan Kiat Sukses Meniti Karir di Kuwait

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark