Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johan Nainggolan

Jadi YouTuber Matematika, Dosen ITB Ini Punya 100 ribu Subscriber

Info Terkini | Monday, 30 May 2022, 07:18 WIB

Jakarta - Aleams Barra, dosen matematika di Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mendapatkan penghargaan Paling Youtuber.

Penghargaan itu ia dapatkan saat perayaan dies natalis FMIPA ITB.

"Saya melihat penghargaan yang diberikan ini bukan sebagai sesuatu yang formal tapi dalam rangka memeriahkan acara. Juga disaat bersamaan untuk memberikan validasi terhadap prestasi yang dicapai dosen," cerita Barra kepada Retizen, Rabu (11/5/2022).

Barra sendiri telah terjun ke YouTube sejak tahun 2008. Namun channel yang ia buat yaitu Bermatematika.com, dicetuskan pada tahun 2016 lalu.

"Sudah sejak awal saya melihat potensi youTube yang sangat besar untuk berbagi pengetahuan yang kita miliki. Ketika saya memulai channel Bermatematika tahun 2016," ujar Barra.

Awal Mula Lahirnya Bermatematika

Menurut Barra tujuannya membuat channel YouTube yaitu ingin mencoba menerapkan metode pembelajaran perkuliahan dengan bentuk lain seperti video. Video-video tersebut lalu ia bawa ke kelas untuk latihan dan diskusi bersama.

"Selain memudahkan mahasiswa, saya juga ingin mengenalkan matematika dengan cara yang menyenangkan dan berbeda dari yang masyarakat awam pikirkan," papar Barra.

Ilustrasi podcast Itb Pak Barra Dosen dan Youtuber on detik

"Biasanya orang awam mengira matematika ini hanya hitung-menghitung. Ini tidak sepenuhnya benar karena matematika memiliki banyak aspek," tambah Barra.

Banyak aspek matematika yang menarik seperti bermain, kreatif, dan menyelesaikan masalah. Menurutnya melalui YouTube, ia memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengenalkan perspektif baru matematika ke banyak orang.

Barra bercerita pembuatan channel Bermatematika awalnya memfokuskan materi matematika di tingkat kuliah atau lebih lanjut. Namun komentar dari masyarakat kurang memuaskan.

"Saya rasa itu karena belum banyak penonton yang tidak memiliki latar belakang matematika. Sebab itu saya membuat materi matematika yang lebih terjangkau agar dimengerti banyak orang," ujar Barra.

Ia berharap agar orang-orang dapat menikmati bahasan matematika melalui channelnya. Menurutnya matematika bisa dibilang unik. Ia sering membayangkan seorang matematikawan yang hanya memiliki satu fakta sederhana bisa mencapai suatu kesimpulan yang luar biasa.

"Saya berharap bahwa video yang telah dan akan saya buat menjadi bagian dari usaha agar lebih mudah disukai orang-orang," papar Barra.

Begitupula yang dapat anda download lagu dari youtube dengan mudah baik itu tentang pejaran matematika atau lainya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image