Senin 30 May 2022 11:33 WIB

Setelah 35 Tahun Berlalu, Italia Incar Kemenangan Pertama Atas Argentina

Italia bertemu Argentina pada laga Finalissima.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pemain Timnas Italia (ilustrasi).
Foto: EPA-EPA-EFE/Alberto Lingria
Pemain Timnas Italia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pada pertengahan pekan ini, sebuah bigmatch berlangsung di Inggris. Italia bertemu Argentina dalam duel bertajuk Finalissima.

Gli Azzurri sebagai juara Piala Eropa 2020 berhadapan dengan Argentina selaku kampiun Copa America 2021. Partai bergengsi ini dimainkan di Stadion Wembley, London, Kamis (2/6/2022) dini hari WIB. Itu menjadi kesempatan para pemain Gli Azzurri untuk mematahkan salah satu catatan negatif.

Baca Juga

"Mereka ingin meraih kemenangan pertama atas Argentina dalam 35 tahun terakhir," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Senin (30/5/2022).

Dua tim tersebut bertemu di setiap Piala Dunia dari edisi 1974 hingga 1990. Selama periode tersebut, Argentina tidak pernah meraih kemenangan. Dalam lima pertandingan, Gli Azzurri dua kali berjaya.

Sisanya tiga partai berkesudahan imbang. Namun La Albiceleste  melangkah lebih jauh empat kali dari lima kesempatan. Itu terjadi pada edisi 1974, 1978, 1986, dan 1990. Hanya sekali Italia lebih berjaya di satu turnamen penuh, yakni pada 1982. Saat itu, para wakil Negeri Piza menjadi juara.

"Kemenangan terakhir Italia atas Argentina terjadi dalam laga persahabatan pada 10 Juni 1987," tambah laporan dari Football Italia.

Saat itu, kedua kubu berhadapan di Zurich. Gli Azzurri unggul 3-1. Dari Italia gol dicetak oleh Fernando de Napoli dan Gialuca Vialli, serta bunuh diri Oscar Garre. Gol semata wayang Argentina tercatat atas nama Diego Maradona.

Setelah pertarungan di Swiss, para raksasa ini lima kali bertemu. Gliran La Albiceleste berjaya. Tim Tango mengoleksi tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Salah satu dari dua hasil imbang terjadi pada semifinal Piala Dunia 1990.

Saat itu, hingga perpanjangan waktu, papan skor menunjukkan angka 1-1. Laga berlanjut ke sesi adu penalti. Pada babak adu tos-tosan, Argentina unggul 4-3.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 23 Maret 2018. Dalam duel persahabatan di Etihad Stadium, Manchester, La Albiceleste menang dua gol tanpa balas.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement