Senin 30 May 2022 13:14 WIB

Keutamaan Umat Nabi Muhammad SAW yang Diabadikan Alquran

Allah SWT berikan keutamaan untuk umat Nabi Muhammad SAW

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam (ilustrasi). Allah SWT berikan keutamaan untuk umat Nabi Muhammad SAW
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Umat Islam (ilustrasi). Allah SWT berikan keutamaan untuk umat Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, —Ada banyak keutamaan menjadi umat Rasulullah SAW. Diantanya yakni mendapat syafaat langsung dari Nabi Muhammad SAW di hari perhitungan. 

Selain itu didoakan Rasulullah SAW agar selamat hidup di dunia dan akhirat. Umat Rasululah SAW juga merupakan umat terbaik sepanjang sejaharah, ini sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Ali Imran ayat 110: 

Baca Juga

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.”  

Kendati demikian untuk diakui menjadi umat Rasulullah SAW, seorang hamba terlebih dulu harus menunjukkan kecintaannya kepada Rasulullah SAW.

Menurut Habib Abdullah bin Jafar Assegaf, syarat menjadi umat Rasulullah SAW yakni menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran. 

Di antara perbuatan yang maruf atau menyeru kepada kebaikan itu menurut Habib Abdullah yakni mengajak sesama Muslim untuk mempertebal rasa kecintaan kepada nabi dengan menghadiri majelis-masjelis ilmu. 

“Ini nikmat yang sangat besar. Kita ini umat Nabi Muhammad SAW adalah sebaik-baik umat, syaratnya apa? ta muruna bil mar’uf wa tan hauna anil munkar. Mengajak kepada kebaikan, orang mengajak kebaikan itu perlu pengorbanan. Korban waktu, tenaga, harta, pikiran. Mengajak ta’muruna bil maruf mengajak orang mengaji, bertemu dengan habaib, duduk di majelis Nurul Musthofa,” tutur Habib Abdullah Assegaf saat mengisi tausiyah Majelis Nurul Musthofa di Masjid At Taubah, Kalibata, sebagaimana dikutip dari dokumentasi Harian Republika, Senin (30/5/2022). 

Menurut Habib Abdullah, seseorang yang senang mendatangi majelis-majelis ilmu, bersholawat dan berdzikir untuk mempertebal kecintaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya termasuk dalam golongan yang meyeru kepada kebaikan. 

Melalui majelis-majelis Ilmu, seorang hamba bisa memperoleh banyak keberkahan dan kebaikan dan pahala berlipat ganda.

Selain pahala menuntut ilmu, seseorang yang datang ke majelis ilmu juga memperoleh pahala bersholawat, berdzikir, beriktikaf, hingga bekesempatan memperoleh pahala bersilaturahmi dengan sesama Muslim. 

Terlebih, seorang hamba akan mendapatkan pahala dan keberkahan berlipat bila mengajak sesama Muslim lainnya datang ke majelis-majelis ilmu.        

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement