Senin 30 May 2022 18:55 WIB

Pandemi Melandai, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi booster dapat meningkatkan kekebalan imunitas dua kali lipat vaksin kedua.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) ke warga di Posko Vaksinasi Covid-19 Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Selasa (26/4/2022).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) ke warga di Posko Vaksinasi Covid-19 Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Selasa (26/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan kekebalan imunitasnya dengan mendapatkan vaksinasi lengkap Covid-19 dan juga vaksinasi booster. Meskipun pandemi saat ini sudah melandai, namun ia meminta masyarakat agar tak lengah terhadap penularan virus.

Jokowi mengingatkan, vaksinasi Covid-19 baik dua dosis maupun vaksinasi booster dapat membantu mencegah penularan.

Baca Juga

“Namun, ingat kita semua tidak boleh lengah. Momentum pemulihan ini harus kita jaga. Untuk itu, saya meminta masyarakat agar tetap melakukan vaksinasi Covid-19 secara lengkap dua dosis ditambah vaksinasi booster untuk mencegah penularan,” kata Jokowi dalam pernyataannya terkait vaksinasi Covid-19 yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (30/5/2022).

Jokowi mengatakan, vaksinasi booster ini sangat penting. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksinasi booster dapat meningkatkan kekebalan imunitas hingga dua kali lipat dibandingkan dosis kedua. Vaksinasi booster ini juga diperlukan untuk melindungi orang tua dan kelompok masyarakat rentan atau yang memiliki komorbid dari penularan Covid-19.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan, stok vaksin Covid-19 dari pemerintah untuk vaksinasi booster saat ini lebih dari cukup. Karena itu, ia meminta masyarakat agar segera memanfaatkan fasilitas vaksin Covid-19 gratis ini dan bersama-sama menjaga kondisi saat ini agar Indonesia semakin pulih.

“Dan jangan pilih-pilih jenis vaksin karena semua vaksin manfaatnya sama. Untuk melindungi kita semua menghadapi pandemi Covid-19,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement