Selasa 31 May 2022 05:00 WIB

Nadal Keberatan Pertandingannya Lawan Djokovic Malam Hari

Nadal beralasan, kelembaban lebih tinggi dan bola lebih lambat pada malam hari.

Red: Israr Itah
 Petenis Spanyol Rafael Nadal.
Foto: AP/Thibault Camus
Petenis Spanyol Rafael Nadal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perempat final French Open yang sangat dinanti antara petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dan juara 13 kali Rafael Nadal dijadwalkan berlangsung pada Selasa (31/5/2022) malam. Padahal petenis Spanyol itu menyatakan keberatan terhadap keputusan tersebut.

Sesi malam, di mana Amazon Prime memiliki hak siar eksklusif di Prancis, dimulai pukul 21.000 waktu setempat dan diperkenalkan untuk pertama kalinya di lapangan tanah liat major edisi 2021."Saya tidak suka sesi malam di lapangan tanah liat. Saya sangat jelas dengan itu," kata Nadal dikutip dari Reuters, Senin (30/5/2022).

Baca Juga

"Saya tidak suka bermain di lapangan tanah liat pada malam hari karena kelembaban lebih tinggi, bola lebih lambat dan mungkin ada kondisi yang sangat berat terutama saat cuaca dingin. Saya pikir itu membuat perbedaan besar dalam cara Anda bermain tenis di lapangan tanah liat pada malam hari dan siang hari," kata dia.

Hal senada juga disampaikan Carlos Alcaraz dan Alexander Zverev yang mengatakan bahwa keduanya tidak ingin perempat final mereka, yang juga akan berlangsung Selasa, dijadwalkan pada sesi malam.

Pertandingan antara petenis Spanyol dan unggulan ketiga asal Jerman itu berlangsung sebagai pertandingan ketiga di Court Philippe Chatrier. Rivalitas Djokovic-Nadal begitu panas sehingga aturan biasa cenderung tidak berlaku saat kedua petenis kelas berat itu saling berhadapan di French Open.

Tahun lalu, jam malam COVID-19 dimundurkan untuk memungkinkan para penggemar tinggal lebih lama di Roland Garros ketika Djokovic mengalahkan Nadal di semifinal. Tahun ini, menurut penyelenggara, pertandingan itu akan disiarkan secara gratis di Prime Video. Ditanya tentang pilihannya dalam wawancara TV, Djokovic berkata sambil tersenyum.

"Saya hanya bisa mengatakan bahwa Rafa dan saya akan membuat pengajuan permintaan yang berbeda. Sebagai pemain top, kami memiliki permintaan, tetapi permintaan itu tidak selalu diterima," kata Djokovic. 

"Direktur turnamen, bersama dengan TV, yang menyiarkan acara, saya pikir pada akhirnya itulah yang memutuskan... TV, apakah mereka menginginkan pertandingan Anda, siang atau malam. Anda hanya perlu menyesuaikan diri dengan itu. Jelas, tergantung dengan siapa Anda bermain, terkadang bagus untuk bermain malam, terkadang siang. Tidak ada standar atau tidak ada formula yang selalu berhasil."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement