Selasa 31 May 2022 08:41 WIB

Zelenskiy Sayangkan UE Gagal Setujui Larangan Impor Minyak Rusia

Tak seharusnya negara Uni Eropa bergantung pada Rusia, justru sebaliknya.

Red: Friska Yolandha
Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina pada hari Ahad 29 Mei 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melihat saat ia mengunjungi wilayah Kharkiv yang dilanda perang.
Foto: AP/Ukrainian Presidential Press Off
Dalam foto yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina pada hari Ahad 29 Mei 2022, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melihat saat ia mengunjungi wilayah Kharkiv yang dilanda perang.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Para pemimpin Uni Eropa pada Senin (30/5/2022) menjelaskan bahwa mereka akan gagal menyepakati larangan impor minyak Rusia pada pertemuan puncak di Brussels. Ini memicu kritik cepat dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy yang mengecam mereka karena terlalu lunak terhadap Moskow.

Uni Eropa telah meluncurkan lima paket sanksi sejak Rusia menginvasi Ukraina lebih dari tiga bulan lalu, menunjukkan kecepatan dan persatuan yang tidak seperti biasanya mengingat rumitnya tindakan tersebut. Tetapi kurangnya kesepakatan pada paket keenam - dan khususnya larangan minyak - memunculkan perjuangan untuk memperluas sanksi karena risiko ekonomi bagi Eropa meningkat, ketika begitu banyak negara bergantung pada minyak mentah Rusia.

Baca Juga

Para pemimpin dari 27 negara Uni Eropa akan menyepakati pada pertemuan puncak dua hari tentang kemungkinan prinsip embargo minyak, draf kesimpulan KTT mereka menunjukkan. Tapi mereka akan meninggalkan keputusan sulit untuk nanti.

"Tidak ada kompromi untuk saat ini sama sekali," Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, yang negaranya telah menjadi penentang utama untuk sebuah kesepakatan, mengatakan saat ia tiba untuk KTT.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, yang mengusulkan paket sanksi terbaru pada awal Mei, setuju. "Kami belum sampai di sana."

Ada kesepakatan luas pada sisa paket, termasuk memutus bank terbesar Rusia, Sberbank, dari sistem pesan SWIFT, melarang penyiar Rusia dari Uni Eropa dan menambahkan orang ke daftar yang asetnya dibekukan. Tapi Zelenskiy mencela kurangnya tekad Uni Eropa.

"Mengapa Anda bergantung pada Rusia, pada tekanan mereka, dan bukan sebaliknya? Rusia harus bergantung pada Anda. Mengapa Rusia masih dapat memperoleh hampir satu miliar euro per hari dengan menjual energi?" Zelenskiy bertanya kepada para pemimpin Uni Eropa.

"Mengapa bank teroris masih bekerja dengan Eropa dan sistem keuangan global? Pertanyaan serius," katanya.

Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas mengatakan lebih realistis untuk mengharapkan kesepakatan tentang embargo minyak dalam beberapa minggu, mudah-mudahan pada KTT Uni Eropa berikutnya pada 23-24 Juni. Beberapa mengeluh keras atas kurangnya kesepakatan.

"Kita melupakan gambaran besarnya," kata Perdana Menteri Latvia Krisjanis Karins. "Ini hanya uang. Orang Ukraina membayar dengan nyawa mereka."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement