Selasa 31 May 2022 10:03 WIB

Hadiri di Silaturahmi Kebangsaan ICMI, Wapres ingin Terobosan Memajukan Umat

ICMI diharapkan mempererat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniah, dan ukhwah insaniah.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko
Wapres KH Maruf Amin
Foto: Dok Republika
Wapres KH Maruf Amin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah tokoh nasional serta aktivis umat Islam dari berbagai latar belakang profesi berkumpul dan menghadiri acara silaturahim kebangsaan dan Halalbihalal Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI), Senin malam (30/5/2022).

Para tokoh yang hadir dalam acara halalbihalal yang bertajuk “Menjalin Silaturahmi Merawat Persatuan Bangsa.” Antara lain Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang membersamak secara daring, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Baca Juga

Hadir pula Ketua Dewan Penasehat ICMI Pusat Jimly Asshiddiqie, Ketua Dewan Pertimbangan ICMI sekaligus Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan serta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin menyampaikan harapannya bahwa ICMI mampu mempererat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniah, dan ukhwah insaniah. "Forum pertemuan ICMI ini memperkuat ukhuwah di Indonesia. Sangat penting sebagai bangsa yang majemuk berbagai suku, budaya dan agama," kata Wapres.

Mantan Ketua Umum MUI ini mengatakan, Indonesia negara yang rentan apabila makna ukhuwah semakin jauh dan tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Silaturahmi menjadi hal penting.

"Karena itu lah umat Islam dan bangsa Indonesia tetap kuat. Saling menyokong satu sama lain dan bermuara pada kesatuan kesatuan bangsa," tutur Ma'ruf Amin.

Ia juga mengatakan forum silaturahmi sebagai ajang mencari solusi dalam rangka mempersatukan dan memajukan umat. Termasuk ikut menentukan strategi umat untuk menyiapkan generasi selanjutnya.

"Saya berharap forum ini tidak hanya memperkuat solidaritas ICMI. Tapi juga menghasilkan terobosan baru bagi umat di seluruh dunia, " tuturnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement