Rabu 01 Jun 2022 09:15 WIB

Dari Ende, Jokowi Ajak Seluruh Anak Bangsa Bumikan Pancasila

Jokowi menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila di Ende.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Dari Ende, Jokowi Ajak Seluruh Anak Bangsa Bumikan Pancasila.  Foto: Suasana Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Rabu (1/6/2022).
Foto: Dok Republika
Dari Ende, Jokowi Ajak Seluruh Anak Bangsa Bumikan Pancasila. Foto: Suasana Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Rabu (1/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,ENDE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh masyarakat Indonesia di manapun berada untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ia mengatakan, Pancasila tak hanya telah mempersatukan bangsa Indonesia, namun juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

“Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” kata Jokowi dalam amanatnya saat memperingati Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ende, NTT, Rabu (1/6/2022).

Baca Juga

Presiden pun kemudian mengingatkan agar masyarakat benar-benar mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila. Pengamalan Pancasila, kata dia, dapat diimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan maupun interaksi antar sesama anak bangsa.

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama dan juga masyarakat, serta para pemimpin partai politik, dll agar menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan,” tambahnya.

Selain memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, Jokowi juga melaksanakan sejumlah agenda di Ende. Di antaranya, mengunjungi Taman Perenungan Bung Karno dan rumah pengasingan Bung Karno. Selain itu, Jokowi juga mengunjungi pasar dan bertemu dengan warga di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement