Kamis 02 Jun 2022 14:15 WIB

Warga DKI Diduga Terinfeksi Virus dari Tikus, Menkes: Kita Double-Check Lagi

Kasus ditemukan di wilayah Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Red: Andri Saubani
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya akan mengecek dugaan adanya warga DKI Jakarta terinfeksi virus dari tikus. (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya akan mengecek dugaan adanya warga DKI Jakarta terinfeksi virus dari tikus. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin belum memastikan gejala demam tinggi dan bercak merah di kulit pada sejumlah penduduk di DKI Jakarta akibat pengaruh virus dari tikus. Kasus ditemukan di wilayah Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

"Saya sudah mendengar informasinya. Kita double-check lagi, karena banyak cerita terkait itu, tapi belum tentu benar," katanya usai menghadiri Kick Off Fasilitas Change Source Penggunaan BBO Dalam Negeri dan Peresmian Pabrik Bahan Baku Obat (BBO) di PT Kimia Farma Sungwun Pharmachopia Delta Silicone 1 Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga

Menkes mengatakan, seluruh laporan terkait kejadian itu masih ditindaklanjuti sejumlah pihak terkait di Kemenkes maupun Dinas Kesehatan DKI Jakarta. "Seperti laporan hepatitis misterius, ternyata kebanyakan karena Dengue, bukan karena hepatitis yang itu (hepatitis misterius)," kata Budi.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati kepada wartawan di Jakarta menjelaskan delapan warga RT 008 dan RT 010 Jalan Melati Satu, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, belum bisa dikategorikan sakit karena terpapar virus yang dibawa oleh tikus. Pernyataan itu sesuai hasil pemeriksaan sampel tikus yang terperangkap di rumah warga setempat yang diambil oleh Kementerian Kesehatan.

Delapan orang itu dilaporkan mengalami demam tinggi dan mengeluhkan adanya bercak merah pada bagian lengan dan kaki dalam waktu berdekatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement