Kamis 02 Jun 2022 20:34 WIB

Indonesia International Book Fair Kembali Digelar Tahun Ini, Catat Jadwalnya

Indonesia International Book Fair akan digelar secara hybrid.

Red: Dwi Murdaningsih
Pengunjung memilih buku pada pameran Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung memilih buku pada pameran Indonesia International Book Fair (IIBF) 2021 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun ini, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) kembali  mengadakan Indonesia International Book Fair (IIBF). Acara akan digelar secara hybrid pada 9-13 November 2022.

Ketua Umum IKAPI, Arys Hilman Nugraha, menyebutkan IIBF adalah pusat kegiatan promosi, transaksi, diskusi, dan interaksi internasional bagi kalangan penerbit, penulis, pustakawan, aktivis literasi, seni, budaya, dan pendidikan, serta pelaku industri kreatif lainnya. 

Baca Juga

IIBF juga merupakan ikhtiar IKAPI dalam meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat. IIBF juga sebagai bagian dari gerakan literasi dan pencerdasan bangsa.

"IIBF tahun ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan industri perbukuan nasional setelah dua tahun lebih mengalami pukulan akibat terpaan pandemi Covid-19," ujar Arys, saat peluncuran IIBF 2022 Kamis, (2/6/2022). 

Penyelenggaraan IIBF kali ini lebih istimewa, karena akan dilaksanakan bersamaan dengan International Publishers Association (IPA) World Congress ke-33. Ini merupakan agenda rutin IPA setiap dua tahun dan dihadiri para insan dan tokoh perbukuan dari seluruh dunia. IKAPI telah menjadi anggota IPA sejak tahun 1973. 

Pada kongres ini, IKAPI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah. Event ini akan diselenggarakan selama 3 hari pada 10-12 November 2022. 

Penyelenggaraan IIBF 2022 mengusung tema Empowering Creative People in a Creative Way. Menurut Ketua Panitia IBF 2022, Wahyu Rinanto, beragam acara akan diadakan untuk memeriahkan IIBF. 

Acara akan dimulai dengan kegiatan pre event seperti IIBF Goes to Campus, IIBF Goes to School, dan IIBF Goes to Mall.  Selain itu, pada hari H, acara-acara yang akan diselenggarakan mulai dari Diskusi dan Peluncuran Buku, Jumpa Penulis, Seminar/Workshop untuk insan perbukuan dan penerbitan, hingga Anugerah IKAPI (IKAPI Award).

Penghargaan dari IKAPI diberikan kepada penulis dan tokoh/lembaga yang memiliki dedikasi serta kontribusi positif terhadap perkembangan dan kemajuan perbukuan atau kegiatan literasi masyarakat. Selain acara-acara di atas, juga akan diselenggarakan Get Inspiring (Sharing Knowledge) from The Expert, Business Matchmaking, dan Indonesia Rights Fair (IRF).

IRF merupakan program khusus untuk transaksi hak cipta (copyrights) yang diselenggarakan tanggal 9-11 November 2022. Di IRF, para penerbit, penulis, serta content creator dapat saling mempromosikan buku atau karyanya, melakukan transaksi hak cipta (copyrights) agar buku dan karyanya dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, melakukan kerja sama penerbitan bersama (co-publishing), serta kerja sama dalam berbagai hal. 

Panitia juga akan memberikan fasilitas penggunaan meeting room bagi peserta IRF selama 2 jam untuk melakukan business meeting dengan client.

IIBF 2022 diadakan baik secara daring dan luring. Untuk daring, melibatkan lokapasar nasional dan IKAPI Store. Lokasi IIBF 2022 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu di Jakarta Convention Centre, tepatnya di Cendrawasih Hall, dengan waktu operasional mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement