Kamis 02 Jun 2022 20:46 WIB

Kepresidenan Dua Masjid Suci Terbitkan Izin Buka Puasa Ayyamul Bid

Izin dikeluarkan untuk menyebarkan makan buka puasa di lantai pertama Masjidil Haram.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Izin akan dikeluarkan untuk distribusi makanan buka puasa di Masjidil Haram, Makkah. Kepresidenan Dua Masjid Suci Terbitkan Izin Buka Puasa Ayyamul Bid
Foto: saudi gazette
Izin akan dikeluarkan untuk distribusi makanan buka puasa di Masjidil Haram, Makkah. Kepresidenan Dua Masjid Suci Terbitkan Izin Buka Puasa Ayyamul Bid

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengumumkan layanan dan izin untuk mengadakan buka puasa bagi orang-orang yang berpuasa di Masjidil Haram di Makkah akan dilanjutkan mulai Kamis (2/6/2022). 

 

Baca Juga

Wakil kepala Kepresidenan untuk urusan eksekutif dan pembangunan Muhammad Al-Jabri mengatakan bahwa izin akan dikeluarkan untuk menyebarkan sufra buka puasa pada hari Senin dan Kamis setiap minggu, serta pada Ayyamul Bid atau Hari Cerah (tanggal 13, 14 dan 15 setiap bulan Hijriyah).

Izin akan dikeluarkan untuk menyebarkan sufra makan buka puasa di lantai pertama Area Perluasan Raja Fahd Masjidil Haram. Izin akan diberikan untuk menyebarkan dua sufra untuk individu dan empat sufra untuk organisasi amal. 

 

“Mereka juga akan diizinkan membagikan makanan berbuka puasa secara manual di mas'a (area ritual sa'i antara Safa dan Marwah),” kata Al-Jabriz.

 

Al-Jabri mengatakan tugas pengawasan untuk mengatur dan memantau operasi buka puasa bagi orang-orang yang berpuasa di dalam Masjidil Haram sudah dimulai. “Ini akan sepenuhnya sesuai dengan semua standar kesehatan yang disetujui untuk distribusi makanan berbuka puasa serta untuk memastikan kualitas kurma dan kemasannya. Dipastikan semua kandungan sufra dalam daftar makanan yang diperbolehkan,” ujarnya.

 

Patut diketahui puasa Ayyamul Bid sangat dianjurkan oleh Nabi SAW dan beliau biasa menjalankannya. Puasa Ayyamul Bid dilakukan setiap 13, 14 dan 15 setiap bulan dalam kalender Islam.

 

Disebut Ayyamul Bd (hari putih atau cerah) karena malam dalam tiga hari ini cerah dan putih karena purnama bulan. Selama hari-hari ini, bulan menjadi sangat putih dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement