Jumat 03 Jun 2022 08:52 WIB

Gempa Bumi di Jabar Terjadi 64 Kali di Bulan Mei

Sebanyak 39 kali gempa bumi di antaranya terjadi di wilayah laut.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung mencatat telah terjadi 64 kali gempa bumi di wilayah Jawa Barat pada bulan Mei. Sebanyak 39 kali gempa bumi terjadi di wilayah laut.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, 39 kejadian gempa bumi terjadi di laut dan tersebar di selatan pulau Jawa akibat dari subduksi pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia. 18 gempa bumi terjadi di darat dengan kedalaman dangkal sebagai aktivitas sesar lokal.

"Tujuh gempa bumi lainnya terjadi juga di darat namun diakibatkan dari adanya subduksi pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (3/6/2022).

 

photo
Ilustrasi Gempa Bumi - (Antara)

 

Dia menuturkan, peristiwa gempa bumi terjadi dengan kedalaman yang bervariasi pada rentang 2 hingga 228 km. Untuk magnitudo gempa bumi terbesar yang tercatat adalah 4,6 dan magnitudo terkecil tercatat adalah 1,4.

"Sepanjang Mei 2022 terdapat 2 kali kejadian gempa bumi dirasakan," katanya.

Salah satunya gempa bumi dengan magnitudo terbesar pada 9 Mei 2022 di wilayah Pangandaran, Jawa Barat. Gempa berkekuatan sebesar M 4,6 dan dirasakan di daerah Garut serta di daerah kota Banjar.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia," ungkapnya.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta menghindari bangunan-bangunan retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement