Jumat 03 Jun 2022 15:44 WIB

Fitch Pertahankan Rating China di Level A+

Peringkat ekonomi China didukung keuangan eksternal yang kuat dan kinerja tangguh.

Red: Friska Yolandha
Lembaga pemeringkat global Fitch Ratings memberikan 'A+' untuk peringkat mata uang asing jangka panjang China.
Lembaga pemeringkat global Fitch Ratings memberikan 'A+' untuk peringkat mata uang asing jangka panjang China.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Lembaga pemeringkat global Fitch Ratings memberikan 'A+' untuk peringkat mata uang asing jangka panjang China. Badan tersebut mengatakan peringkat ekonomi terbesar kedua di dunia itu didukung oleh keuangan eksternal yang kuat dan kinerja makroekonomi yang tangguh.

Meski wabah varian omicron virus corona tampaknya sebagian besar sudah terkendali, namun aktivitas bulanan telah turun ke level terendah sejak awal 2020. Sektor properti tetap lemah, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga

"Langkah-langkah pengendalian Covid-19 yang diadopsi untuk mengekang wabah varian omicron telah menyebabkan gangguan mobilitas yang meluas sejak pertengahan Maret, termasuk perpanjangan lockdown pusat perdagangan Shanghai," tambah Fitch Ratings.

Peringkat China dibatasi oleh risiko stabilitas fiskal dan makro-keuangan yang terkait dengan sektor nonpemerintah negara yang sangat berutang, ungkap lembaga keuangan itu.

Peningkatan risiko keuangan makro yang berkelanjutan, kegagalan untuk mempertahankan pertumbuhan kredit dan peningkatan rasio utang pemerintah/PDB merupakan faktor yang dapat menyebabkan tindakan pemeringkatan negatif. Fitch mengatakan pihaknya memperkirakan ekonomi China tumbuh sebesar 4,3 persen tahun ini, turun dari 8,1 persen pada 2021.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement